misal Proposal bengkel motor
1. LATAR BELAKANG 1.1. Penlampauan
Makin hari penambahan populasi kendaraan bermotor di Karanganyar makin meningkat, khususnya di tempat kebakkramat. Peningkatan penjualan sepeda motor ini memperlihatkan indikasi daya beli masyarakat semakin membaik. Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan kegiatan di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang digunakan harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diharapkan perawatan dan service bersiklus bahkan diharapkan juga perbaikan-perbaikan bab yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi menyerupai inilah yang harus kita akan manfaatkan sebagai peluang usaha. Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Kebutuhan service bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Apalagi daerah-daerah kebakkramat yang notabennya yaitu pemukiman penduduk. Pada tempat kebakkramat ini terdapat beberapa perumahan, perkampungan dan kavlingan yang cukup padat penduduknya, sebagian besar masyarakat disana memakai motor sebagai alat transportasi. Dan jarak tempuh mereka ke kota cukup jauh, sehingga frekuensi perbaikan dan service motorpun tinggi. Sedangkan didaerah itu gres ada 2 bengkel motor, diperkirakan untuk membangun 1 atau 2 bengkel motor lagi masih sangat layak.
1.2. Visi dan Misi
Visi :
Menjadikan tempat service yang terpercaya dan bermanfaa untuk orang lain
Misi :
a. Memdiberikan pelayanan terbaik dan standar mutu kepada pelanggan dengan menjalankan proses kerja terbaik dan terpercaya sehingga tercapai kepuasan pelanggan
b. Membuka kelas kursus education bagi orang yang berminat untuk menguasai bidang otomotif khususnya bengkel motor. Yang mana untuk mewujudkan visi kami untuk bermanfaa untuk orang lain
c. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
d. Mengembangkan menjadi franchise Mr.SERVICE diseluruh Indonesia
Motto :
Kepercayaan anda yaitu ibadah buat kami
1.3. Motif Pemilihan usaha
a. Setiap rumah minimal mempunyai 2unit motor yang mana perlu dirawat
b. Menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain
c. Dapat mengamalkan ilmu yang kami miliki
d. Otomotif yaitu hoby kami
1.4. Tujuan Bisnis
a. Memanfaatkan peluang perjuangan dalam service ( perawatan ) motor alasannya yaitu pesatnya penjualan motor di wilayah kami
b. Memdiberikan education kepada orang yang berminat mencar ilmu dalam dunia otomotif untuk membuat mekanik yang handal
c. Bersinergi dengan investor untuk mendapat keuntungan
d. Mecari pelanggan untuk mempercayakan perawatan motornya kepada kami dengan pelayanan yang ramah semoga pelanggan terpuaskan
e. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain
f. Mengembangkan Mr.SERVICE dengan system franchise
2. KONSEP BISNIS
2.1. Nama dan Lokasi Usaha
Kami memdiberi nama perjuangan ini “ Mr.SERVICE “ yang mana akan didaftarkan ke department industry dan perdagangan, dengan lokasi perjuangan kami dengan beralamatkan di Jl Raya Solo-Sragen Km12 Wirorejan Rt02 / Rw03 Kemiri Kebakkramat Karanganyar
2.2. Dasar Ide
Motor intinya masukana transportasi yang ada disekeliling kita yang mana kini ini minimal setiap rumah mempunyai motor sejumlah 2 unit. Atas dasar itu kami memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka sebuah bengkel motor yang kami diberi nama Mr.SERVICE yang terpercaya untuk masyarakat dengan pendukung tempat strategis, membersihkan, mekanik terlatih dan pelayanan ramah semoga pelanggan senang. Yang ada selama ini bengkel spesialuntuk menunggu pelanggan yang hadir atau disebut dengan istilah menunggu bola tetapi Mr.SERVICE tidak berlaku menyerupai itu, alasannya yaitu Mr.SERVICE dengan system yang ada maka Mr.SERVICE akan menjemput motor yang akan di service dan mengembalikannya sesudah dilakukan perawatan oleh alasannya yaitu itu pelanggan tidak perlu repot-repot mengantri dan menunggu di bengkel lagi. Mahalnya biaya kursus education otomotif selama ini menjadi motivasi bagi kami untuk membuka kelas kursus education otomotif yang biayanya terjangkau oleh tiruana orang bahkan bisa gratis. melaluiataubersamaini pandangan gres ini kami yakin akan bisa bersaing dengan gerai-gerai bengkel yang ada selama ini. Karena kami melayani tiruana jenis pabrikan motor.
2.3. Jenis Produk
Seperti yang sudah ada jenis perjuangan ini yang bekerjasama dekat dengan otomotif di bidang kendaraan bermotor roda dua, Seperti :
a. Service rutin kendaraan bermotor roda dua
b. Service Besar kendaraan bermotor roda dua
c. Modifikasi mesin,body dan chassis
d. Painting
e. Pengajaran (bisa termasuk dalam hal promosi)
f. Spare part moving part dan Modifikasi
g. Penitipan Barang dagangan menyerupai motor bekas
h. Franchise waralaba bengkel Mr.SERVICE
Namun disaat ini kami akan memusatkan perhatian kami pada service harian, besar dan sebagai tempat kursus yang terpercaya dan bermanfaa bagi orang lain. Hal yang lain akan tetap dilaksanakan namun masih belum prioritas menunggu seiring jalannya waktu dan kondisi modal kami.
2.4. Keunggulan Produk
a. Mutu Mr.SERVICE standart dealer resmi
b. Mekanik terlatih professional
c. Melayani segala macam pabrikan motor
d. Tempat membersihkan dan perlengkapan tool yang komplit
e. Mempunyai seni manajemen pasar untuk menjaga pelanggan semoga tidak pindah ketempat lain
f. Biaya terjangkau
g. Memiliki tempat kursus education otomotif
h. Bisa franchise Mr.SERVICE
2.5. Struktur organisasi
Pimpinan : Arwan Fajar Rahmono
Marketing : Dwi Haryo Pambudi
Bendahara : Chinta Prihanti Kumalasari
mekanik : Eko, najmul, dan dwi
2.6. Urutan Proses Memulai Bisnis
a. Penetapan lokasi
b. Data competitor
c. Survey harga peralatan bengkel
d. Pembuatan Analisa Kelayakan
e. Perizinan Dan Legalitas
f. Action dalam rancangan usaha
2.7. Analisis SWOT terhadap peluang bisnis
2.7.1. Kekuatan :
a. Tidak sewa tempat perjuangan dan lokasi sangat strategis
b. A.F.Rahmono pendiri Mr.SERVICE sudah mengibarkan namanya dikancah para komunitas selain itu A.F.Rahmono berpengalaman mengotak-atik kendaraan,dia mempunyai basic dan hobby ihwal modifikasi dan service bengkel
c. Mekanik yang berpengalaman dalam otomotif kendaraan dan sanggup membaca management Bengkel
d. Mengetahui seluk beluk seruan pasar yang ada di tempat Kebakkramat Karanganyar JawaTengah dan sekitarnya
e. Dapat mengajarkan atau Training ihwal education otomotif
f. Memperhatikan layanan service konsumen baik itu ketika service maupun paska service
g. Mempunya Teknik Promosi yang menarikdanunik
2.7.2. Kelemahan
a. Tidak mempunyai modal
b. Bengkel berskala kecil spesialuntuk bisa 3 unit motor pada waktu service bersamaan
c. System pengadaan dan penjualan sperpart masih kerjasama dengan toko tetangga
2.7.3. Kesempatan
a. Sekitar lokasi gres ada 2 bengkel 2 dealer resmi
b. Memuaskan pelanggan sebelum perawatan hingga purna perawatan
c. Banyaknya kebutuhan masyarakat untuk perawatan motor
d. Keinginan orang supaya motor tetap terjaga performanya
e. Minimal ada 2unit motor dalam satu rumah
f. Belum ada bengkel yang memakai promosi kami
g. Belum ada bengkel yang lengkap, mekanik terlatih dan melayani segala jenis pabrikan motor
h. Belum ada bengkel dengan education otomotif yang biaya terjangkau
2.7.4. Ancaman
a. Adanya 2 bengkel yang sudah usang berdiri
b. Dealer semakin menjamur
c. Banyaknya produk competitor yang memperlihatkan manfaat sejenis bahkan lebih
3. ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
3.1. Sistem Keputusan Pelanggan
3.2. Pemamasukan
3.2.1. Layanan Jasa Sebagai Obyek Pemamasukan
a. Memdiberikan layanan service yang terbaik dan terpercaya
b. Buat suasana nyaman pengunjung dengan menampilkan kemembersihkanan pada tempat service
c. Layanan klaim gratis apabila konsumen kurang cocok dengan service tahap pertama
d. Menjemput bola service antrian lewat call
e. Menjadikan pelanggan sebagai member tetap
f. Cuci motor gratis setelah perawatan
g. Bensin motor pelanggan tidak digunakan untuk pengerjaan service
h. Memdiberikan hiburan terhadap pelanggan yang sedang menunggu perawatan motor berupa TV, Koran otomotif, serta penyediaan minum atau kopi gratis bagi mereka yang mengkonsumsinya
i. Teknik education otomotif
Ilmu otomotif khususnya modifikasi racing amat sangat diminati oleh sebagian besar kawula muda. Dalam hal ini kita akan menyebarkan ilmu dengan mereka, meskipun diluar banyak Les yang mengajari ilmu Racing namun sanggup dihitung oleh jari dan mahal. Kita akan memmenolong mereka untuk mempergampang pengetahuan gosip akan ilmu modifikasi dan terjangkau. Hal ini kita lakukan diluar jam kerja untuk mendapat sasaran tersebut. Tujuan dari metode ini yaitu membuat generasi muda yang mengembangkan hobbynya menjadi perjuangan dan dari pihak kita akan mendapat relasi untuk menyebarkan nama bengkel,penjualan tiket,dan kandidat mekanik baru
3.2.2. Analisa Terhadap Harga Untuk Produk
a. Menjaga harga semoga tetap selalu bersaing
b. Menjaga harga sperpart dan stocknya
3.2.3. Melakukan Kegiatan Promosi
a. Memdiberikan kupon karena pada goresan pena kupon tersebut yaitu “Service dapat kejutan dan Uang” maka tidak menutup kemungkinan mereka akan
menyebarkan kupon tersebut
b. Menyebar brosur, pamflet Mr.SERVICE di sekitar bengkel
c. Bekerjasama dengan dealer motor second untuk pembelian setiap unit, mempersembahkan service gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku
d. Menawarkan diskon untuk suatu golongan / komunitas tertentu
e. Membuat iklan di surat kabar dalam kota
3.3. Target Pasar
3.3.1. Samasukan Konsumen
a. Semua orang yang mempunyai kendaraan bermotor
b. Dealer motor second
c. Komunitas / kelompok disekitar wilayah
d. Pelajar atau mahasiswa yang hobby otomotif
4. ANALISA KELAYAKAN PRODUK
4.1. Investasi
4.1.1. Keperluan bangkel
o Sperpart dan Cuci motor Rp 20.000.000,00
§ system kerjasama
o Tool set Rp 15.000.000,00
§ 3 AIR DUSTER / AIR GUN / SEMPROTAN ANGIN Rp 18.900,00
§ 3 MECHANIC TOOL KIT SET ISI 54 KUNCI Rp 5.985.000,00
§ 1 BOR ELEKTRIK RDR 10R Rp 291.000,00
§ 1 COMPRESSOR DOUBLE PISTON 1/2 PK Rp 3.099.000,00
§ 3 CONGKELAN BAN 10" Rp 146.250,00
§ 3 CONGKELAN BAN 12" Rp 167.250,00
§ 1 GERINDA ELEKTRIK RSG 100 Rp 275.000,00
§ 3 KUNCI BINTANG SET ISI 6PCS Rp 359.700,00
§ 3 KUNCI L SET PANJANG ISI 8PCS Rp 238.500,00
§ 3 KUNCI STELAN KLEP Rp 30.000,00
§ 3 KUNCI T 8" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI T 10" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI T 12" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI T 14" Rp 53.700,00
§ 3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 8MM Rp 73.500,00
§ 3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 10MM Rp 73.500,00
§ 3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 12MM Rp 73.500,00
§ 3 KUNCI "T" CHROME V ANTI SLIP 14MM Rp 73.500,00
§ 3 KUNCI TUTUP KLEP S/G/T/M Rp 45.000,00
§ 3 OBENG KETOK + MATA 4 PCS Rp 468.000,00
§ 3 PEMOTONG RANTAI Rp 330.000,00
§ 3 PRESURE GAUGE/ISIAN ANGIN + PSI SET Rp 367.500,00
§ 3 SELANG KOMPRESSOR 10M + KLEM 2 SISI Rp 195.000,00
§ 1 TANGGEM / RANGGUM 4" Rp 561.700,00
§ 3 TANG SNAP RING ES OUT Rp 128.700,00
§ 3 TANG SNAP RING IS IN Rp 128.700,00
§ 3 TREKER MAGNET MULTI FUNGSI TYPE 1 Rp 262.500,00
§ 3 TREKER MAGNET MULTI FUNGSI TYPE 2 Rp 262.500,00
§ 3 TREKER MAGNET CRYPTON/VEGA Rp 441.000,00
o 3 Display bike lift Rp 12.000.000,00
o Alat-alat administrasi Rp 500.000,00
o Promosi Rp 500.000,00
o Computer kasir Rp 7.000.000,00
o Membangun bengkel Rp 5.000.000,00
o Interior bengkel Rp 5.000.000,00
o Peralatan education Rp 5.000.000,00
o Lain-lain Rp 1.000.000,00
o Steam motor Rp 4.000.000,00
JUMLAH Rp 75.000.000,00
Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan mempunyai nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan memakai metode garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp 75.000.000,00 – Rp 1000,00) : 4 = Rp 18.750.000,00 per tahun atau sama dengan Rp 1.5650.000,00 per bulan
4.2. Peralatan Modal Kerja
4.2.1. Keperluan bengkel Rp 1.000.000,00
§ Oil grease
§ Bensin
§ Kain lap
§ Amplas
§ Karburator cleguar
4.2.2. Promo bengkel Rp 200.000,00
§ Kupon
§ Brosure
4.2.3. Keperluan lain-lain Rp 300.000,00
JUMLAH Rp 1.500.000,00
5. ANALISA LABA / RUGI
5.1. Pendapatan
§ Jasa Rp 22.500.000,00
Jasa jmlh mtr/hr income Total/bulan
Service 30 Rp 25.000,00/motor Rp 22.500.000,00
§ Sperpart Rp 2.000.000,00
10% dari modal Rp 20.000.000,00 Rp 2.000.000,00
§ Education Rp 2.000.000,00
Harga Target anak total/bulan
paket 1 Rp.10.000 5 Rp 200.000,00
paket 2 Rp.20.000 5 Rp 400.000,00
paket 3 Rp.30.000 5 Rp 600.000,00
paket 4 Rp.40.000 5 Rp 800.000,00
paket 5 Rp.50.000 5 Rp 1.000.000,00
Perkiraan dipotong dana foto copy dan izin sekolah 33,4%
Rp 1.000.000,00
_________________________________________________________________
JUMLAH Rp 26.500.000,00
5.2. Biaya-biaya
§ Biaya perlengkapan Rp 1.500.000,00
§ Biaya listrik,air, dan telpon Rp 400.000,00
§ Biaya perawatan tempat Rp 750.000,00
§ Biaya penyusutan peralatan Rp 1.600.000,00
§ Biaya penghasilan karyawan Rp 5.000.000,00
§ Biaya lain-lain Rp 100.000,00
§ Biaya kerjasama tempat usaha Rp 1.000.000,00
JUMLAH BIAYA Rp 10.350.000,00
LABA BERSIH Rp 16.150.000,00
6. BREAK EVENT POINT
6.1. Maka usang balik modal dengan perkiraan diatas minimal :
Rp 76.000.000,00 : Rp 16.150.000,00 + 1 bulan = 6 bulan
7. SISTEM KERJASAMA
System yang kami tawarkan dalam kolaborasi bengkel ini yaitu sytem bagi hasil. Dalam system bagi hasil diharapkan kejujuran satu sama lainnya alasannya yaitu itu diharapkan pembukuan yang akurat dan system management yang handal. Bagi Hasil disini yaitu pinjaman keuntungan membersihkan. melaluiataubersamaini keahlian kami maka kami akan memutarkan Modal yang anda Berikan dengan presentase pemilik modal 40% dan manajerial 60% dari keuntungan membersihkan, Ada beberapa contoh kasus penanaman modal :
Ø System Tunggal
· Pemilik Modal mempunyai kemampuan untuk memenuhi syarat dari kebutuhan modal pertama, maka ia utuh mendapat presentase sebesar 40% dari keuntungan membersihkan
Ø System patungan
· Ada beberapa pemilik modal yang mengumpulkan modalnya hingga mendapat modal yang diinginkan. misal dibutuhkan modal Rp 76.000.000 ada beberapa pemilik modal si A 19jt,si B 9jt,si C 36,5 jt dan si D 11,5 jt. Maka didapatkan presentasinya yaitu si A =25 %, si B=12%, si C=48% dan si D=15% dari presentase keuntungan pemilik modal teladan per tahun Laba membersihkan Rp 194.220.000/thn. Pemilik modal 40% dari Laba Bersih yaitu Rp 77.688.000/thn, maka si A mendapat 25% dari keuntungan yaitu Rp 19.422.000/thn, si B 12% = Rp.9.325.000/thn, si C 48% = Rp 37.291.000/thn dan si D 15%=Rp.11.654.000 /thn. TOTAL keseluruhan Rp.77.688.000/tahun.
8. PENUTUPAN
Demikianlah anjuran kami untuk memajukan dan membuka tempat kerja untuk anak bangsa. Apabila anda berminat akan anjuran ini, maka akan kita bicarakan terkena peluang kolaborasi dalam bidang ini. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.
CURICULUM VITAE
JATI DIRI
NAMA : Arwan Fajar Rahmono
JENIS KELAMIN : Laki-laki
TEMPAT,TANGGAL LAHIR : Karanganyar, 1 November 1988
KEWARGANEGARAAN : Indonesia
STATUS : Menikah
AGAMA : Islam
ALAMAT : Jl Raya Solo-Sragen Rt02/Rt03 Wirorejan Kemiri Kebakkramat Karanganyar
ALAMAT : Jl Raya Solo-Sragen Rt02/Rt03 Wirorejan Kemiri Kebakkramat Karanganyar
NO HANDPHONE : 085725071234
E-MAIL : rahmonofajar@yahoo.co.id
E-MAIL : rahmonofajar@yahoo.co.id
LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
1994-2000 : Sekolah Dasar Kemiri 04 Kebakkramat
2000-2003 : MTs PPMI Assalaam Surakarta
2003-2006 : SMA Muh 2 Surakarta
2006-2009 : Diploma di Akademi Teknologi Warga Surakarta
2010-sekarang : Sarjana di Universitas Muhammadiyah Jakarta fak metode jurusan metode mesin
KURSUS dan PELATIHAN
2012Feb : Presticiouse Moment di Cisarua Bogor
PENGALAMAN KERJA
Bekerja : PT Sayap Mas Utama Jakarta
Posisi : Formen Produksi
Lama : 2010 - sekarang
Tag :
Contoh Proposal
0 Komentar untuk "Proposal Pendirian Perjuangan Bengkel Motor"