Penjelasan Lengkap Cara Kerja Relay 4 Kaki Dan 5 Kaki

Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki 

hampir dari rangkaian sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay, kemudian pap fungsi dari relay tersebut ? bagaimana cara kerjanya ? dan bagaimana merangkainya ? mari kita pelajari pada postingan kali ini..

Relay berfungsi sebagai saklar antara sumber listrik / aki dengan perangkat yang akan digunakan, misalnya: klakson, lampu kabut, lampu besar maupun power window.
Relay mempunyai 4 kaki atau 5 kaki. Relay 5 kaki biasa disebut relay 87a alasannya yaitu ditengahnya ada kaki 87a. Empat kaki yang lainnya yaitu kaki 30, 85, 86 dan 87. ada juga relay yang mempunyai 4 kaki namun tidak mempunyai kaki 87, jadi spesialuntuk ada kaki 30, 85,86 dan 87a. ini biasa disebut relay pemutusan. Relay pemutusan biasanya dipasang di alarm mobil. Relay ini berfungsi memutus arus antara kontak IG dengan motor stater.
Kaki 30 biasa disambung dengan AKI, kaki 85 disambung dengan massa body/ chassis mobil, kaki 86 disambung dengan arus faktual entah dari kabel klakson atau lampu dan kaki 87 akan mengeluarkan arus positif. Sedangkan kaki 87a ialah kebalikan dari 87, jadi pada dikala 30 didiberi setrum dan 85 dikasi massa, maka 87a akan mengeluakan setrum. Namun pada dikala 86 didiberi setrum, maka 87a akan berhenti menghasilkan setrum dan 87 gres akan mengeluarkan setrum.
Bagaimana jikalau ingin 87 mengeluarkan arus negative menyerupai halnya pada klakson mobil? Teknik nya cukup dibalikkan saja. Kaki 30 dan 86 didiberi massabody, kemudian 85 didiberi setrum. Maka 87 akan menghasilkan arus negative. simpel kan ?



misal : Device yang mau di hidupkan : electric Fan..anda ingin beliau hidup jikalau ac hidup...nah..cara paling gampangnya nyuntik dari kabel kompresor ac kan..tetapi kabel dari kompresor ac itu sudah terbebani oleh daya yang dipakai oleh kompresor itu sendiri....apa bila dibebani lagi oleh electric fan..ditakutkan akan overload....maka sanggup dipakai relay..sehingga load yang di ambil dari kabel kompresor sangat kecil alasannya yaitu spesialuntuk dipakai untuk menyalakan relay. (0,5 ampere) ...nah sedangkan beban untuk menghidupkan electric fan ditanggung oleh Relay tersebut...

 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki

 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki


KEGUNAAN UTAMANYA ADALAH MENINGKAT KAN EFISIENSI ELEKTRIS PADA SEBUAH RANGKAIAN KABEL. BINGUNG ? HE..HE...
CONTOH : DEVICE YANG MAU DI HIDUPKAN : ELECTRIC FAN..ANDA INGIN DIA HIDUP JIKA AC HIDUP...NAH..CARA PALING GAMPANGNYA NYUNTIK DARI KABEL KOMPRESOR AC KAN..TETAPI KABEL DARI KOMPRESOR AC ITU SUDAH TERBEBANI OLEH DAYA YANG DIGUNAKAN OLEH KOMPRESOR ITU SENDIRI....APA BILA DIBEBANI LAGI OLEH ELECTRIC FAN..DITAKUTKAN AKAN OVERLOAD....MAKA DAPAT DIGUNAKAN RELAY..SEHINGGA LOAD YANG DI AMBIL DARI KABEL KOMPRESOR SANGAT KECIL KARENA HANYA DIGUNAKAN UNTUK MENYALAKAN RELAY. (0,5 AMPERE) ...NAH SEDANGKAN BEBAN UNTUK MENGHIDUPKAN ELECTRIC FAN DITANGGUNG OLEH RELAY TERSEBUT...
JENIS2 RELAY ADA BANYAK DI PASARAN TERMASUK BANYAK MEREK YANG ADA. KAMI TIDAK AKAN MEMBAHAS MEREK, TETAPI AKAN DIBERIKAN PENGETAHUAN MENGENAI TIPE2 RELAY YAITU 4 KAKI DAN 5 KAKI
CARA KERJA RELAY
CARA KERJA RELAY SANGAT SEDERHANA SEHINGGA SANGAT SULIT UNTUK DI DESKRIPSIKAN SECARA KATA KATA WKWKW....
DISINI KITA AKAN BAHAS RELAY PADA UMUMNYA...

RELAY SEGI (CONTOH : HELLA, BOSCH DLL) (RELAY 4 KAKI) 
RELAY TERDIRI DARI 2 TERMINAL TRIGGER, 1 TERMINAL INPUT DAN 1 TERMINAL OUTPUT.

TERMINAL TRIGGER : YAITU TERMINAL YANG AKAN MENGAKTIFKAN RELAY..SEPERTI ALAT ELECTRONIC LAINYA RELAY AKAN AKTIF APABILA DI ALIRI ARUS + DAN ARUS -. NAH PADA CONTOH RELAYA YANG KITA GUNAKAN TERMINAL TRIGGER INI ADALAH 85 DAN 86.
TERMINAL INPUT : YAITU TERMINAL TEMPAT KITA MEMBERIKAN MASUKAN..PADA CONTOH ADALAH TERMINAL 30
TERMINAL OUTPUT : YAITU TEMPAT KELUARNYA OUTPUT....PADA CONTOH ADALAH TERMINAL 87
KALAU RELAY KAKI 5 DENGAN TERMINAL DITENGAHNYA TIDAK ADA HURUF "A"NYA (87) BERARTI INI SAMA SAJA DENGAN RELAY KAKI 4 BIASA HANYA SAJA OUTPUTNYA SUDAH DI CABANGKAN DULUAN...JADI BISA MENYALAKAN DUA AKSESORIS SEKALIGUS.
SEMOGA BERMANFAAT,


 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki

Penjelasan Gambar :

Terminal trigger pertama2 dihubungkan dengan arus plus (85) ..kemudian melalui saklar terminal 86 di diberikan arus -, seketika setelah saklar di aktifkan ..maka relay akan aktif..kok sanggup ?????
Sebenarnya terminal 85 dan 86 (terminal trigger) itu yaitu ujung dari kumparan yang melilit pada sebuah inti besi..sesuai dengan aturan fisika apa gitu gue lupa...jika sebuah inti besi dililitkan kumparan dan pada kumparan tersebut dialiri arus listrik maka inti besi tersebut akan menghasilkan medan magnet.....
nah demikian juga yang terjadi disini..inti besi menghasilkan medan magnet (ditandai dengan warna ungu ) ...seketika setelah kumparan dialiri arus ...kemudian medan magnet yang terjadi di inti besi menarikdanunik bridge (warna hijau) yang terbuat dari logam.(biasanya besi)....

Nah ketika bridge ini tertarik maka terminal 30 dan 87 akan tersambung....sesuai dengan namanya bridge itu menghubungkan jurang antara 30 dan 87.
Saat ini lah dikatakan RELAY AKTIF

Saat relay aktif tinggal kita yang memakai jalan yang sudah tidak terpisah oleh jurang tadi untuk menghantarkan sesuatu...dari terminal input (30) ke terminal output (87).....jika sudah aktif begini apapun sanggup di hantarkan dari 30 ke 87...contoh jikalau kita kasih arus + di 30 maka di 87 akan keluar arus + atau sebaliknya ....
sebagai pola extreme jikalau kita kasih terminal 30 air maka di 87 akan keluar air.....he..he..contoh saja ..tapi kan gak mungkin air mengalir dalam logam padat....

Nah demikian klarifikasi singkat...
gampang2an sanggup dimengerti.....


CONTOH APLIKASI RELAY : RELAY KLAKSON
pada kendaraan dengan kabel klakson spesialuntuk satu..diman ground pribadi di ambil dari body kendaraan...
 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki

jika tombol klakson di pencet maka dari kabel orisinil kendaraan beroda empat akan menghasilkan arus +, arus - sudah stand by maka seketika itu juga arus + dari 30 akan di teruskan ke klakson melalui terminal 87....

Dan masih banyak lagi pola kegunaan relay...sangat sangat bermanfaa jikalau kita mengetahui dasar dari cara kerja relay..sehingga kita sanggup dengan simpel mengaplikasikannya pada kebutuhan kita...




Ini salah satu pola aplikasi Relay yang tidak mengecewakan ribet..he.he......
Fungsi : Digunakan sebagai metode mengamankan mobil...jadi kendaraan beroda empat kita gak akan sanggup di start kalau kita belum menyalakan lampu dim sekali....atau menginjak rem sekali.......(pilih salah satu mekanismenya sanggup dim atau rem)


 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki


Ini memakai 3buah Relay...
Relay pertama dipakai untuk mendapatkan trigger dari lampu dim/ rem..dan mempertahankan signal sekali tersebut sebagai trigger bagi relay yang lain..
 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki
Relay kedua dipakai untuk starter.spesialuntuk akan aktif jikalau dan spesialuntuk jikalau relay pertama dan relay ke tiga aktif. (syarat relay pertama aktif dilakukan sekali dim atau sekali injak rem yang dilakukan setelah kunci kontak ada pada posisi ON/IG)
 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki
Relay ketiga dipakai untuk membalikan polarity dari output Kunci kontak starter dari + menjadi -. Kemudian mengirimkannya ke relay kedua.

 sistem kelistrikan di diberi dengan perangkat relay Penjelasan lengkap Teknik Kerja Relay 4 Kaki dan 5 Kaki

paham bukan ? silahkan jikalau ada pertanyaan sanggup di tulis di kolom komentar..
0 Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Cara Kerja Relay 4 Kaki Dan 5 Kaki"

Back To Top