Macam-Macam Jenis Teks Dan Pembahasannya (Lengkap)


 wCEAAkGBxIQEBUSEBAWFhUWFhcVFxUYFRcaGxgYFxYXFxcWGRcYHiggGBolGxcYIjEiJSkrLi Macam-macam Jenis Teks dan Pembahasannya (lengkap)

Pengertian Recount Text dan Pembahasannya

Secara harfiah, recount bermakna "menceritakan". Kaprikornus recount text bisa diartikan sebagai "Text yang menceritakan". Jika mengacu pada keterangan di buku-buku sekolah (baca : Buku Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama / SMA) recount text yakni a text that telling the reader about one story, action or activity. Its goal is to entertaining or informing the reader. (sebuah teks yang menceritakan sebuah cerita, agresi ataupun aktifitas. Tujuan recount text yakni untuk menghibur atau menginformasikan pembaca.)
 
 Generic structure (susunan umum) recount text ini terdiri dari:

  • Orientation tells who was involved, what happened, where the events took place, and when it happened. ("Orientation" menceritakan siapa saja yang terlibat dalam cerita, apa yang terjadi, di mana daerah insiden terjadi, dan kapan terjadi peristiwanya)
  • Events tell what happened and in what sequence. ("Event" menceritakan apa yang terjadi (lagi) dan menceritakan urutan ceritanya)
  • Reorientation consists of optional-closure of events/ending. ("Reorientation" meliputi epilog kisah / selesai cerita)


My Adolescence

I had my adolescence when I was thirteen.

It started with acne that showed up on my face. It was very annoying. It lowered my self-esteem and I was embarrassed to come out of my house and play with friends.
Fortunately, my Mum gave me a good medicine. In three weeks, the acnes started to vanish although those showed some black spots in my face.

That was my bad experience with adolescence, though there were still lots of good experience too.

aku Remaja

Aku punya masa remaja aku ketika aku berusia tiga belas tahun.

Ini dimulai dengan jerawat yang muncul di wajah aku. Itu sangat menjengkelkan. Ini menurunkan harga diri aku dan aku malu untuk keluar dari rumah aku dan bermain dengan kawan-kawan.
Untungnya, ibuku memdiberi aku obat yang baik. Dalam tiga minggu, jerawat mulai menghilang meskipun mereka menunjukkan beberapa bintik-bintik hitam di wajah aku.

Itu adalah pengalaman buruk aku dengan remaja, meskipun masih ada banyak pengalaman yang baik juga.

Pengertian Narrative Text dan Pembahasannya


Narrative Text yakni satu dari 13 jenis teks bahasa inggris (genre) yang lahir dari kalangan Narration (lihat Types Of Text) sepertihalnya Recount Text dan News Items Text yang mana berfungsi untuk menceritakan kisah masa lampau dan untuk hiburan.

Tujuan Komunikatif Narrative Text

Tujuan Komunikatif Narrative Text ibarat yang dijelaskan di atas yakni untuk menghibur pendengar atau pembaca wacana suatu kisah atau kisah masa lampau yang bertalian dengan pengalaman nyata, khayal atau peristiwa-peristiwa pelik yang mengarah ke suatu krisis, yang pada hasilnya menemukan suatu penyelesaian.

Generic Structure Narrative Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) mempunyai struktur teksnya sendiri-sendiri. Struktur dari Narrative Text terdiri dari tiga cuilan yaitu :

1. Orientation
Pada cuilan Orientation atau pengenalan meliputi wacana pengenalan tokoh dalam kisah serta waktu dan daerah kejadiannya.

2. Complication
Pada cuilan Complication meliputi wacana citra munculnya krisis atau persoalan yang di alami oleh tokoh pada kisah tersebut yang harus dipecahkan.
 
3. Resolution
Pada baigan Resolution meliputi wacana bagaiman tokoh dari kisah tersebut memecahkan persoalan yang ada pada cuilan Complication.

Pada beberapa acuan wacana Narrative Text, terdapat perhiasan generic structure pada Narrative Text, yaitu penambahan Coda sehabis Resoultion. Kaprikornus susunan Narrative text yakni Orientiation, Complication, Resolution dan Coda.

Coda yakni cuilan terakhir dari structure Narrative Text yang meliputi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang sanggup dipetik dari kisah tersebut.


Ciri Kebahasan Narrative Text

Pada Narrative Text, terdapat beberapa ciri-ciri antara lain sebagai diberikut :
  • Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya : Climbed, Turned, Brought, dsb.
  • Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, binatang dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya : the king, the queen, dsb.
  • Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya : long black hair, two red apples, dsb.
  • Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya : then, before, after, soon, dsb.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menawarkan lokasi insiden atau peristiwa. Misalnya : here, in the mountain, happily ever after, dsb.
misal Narrative Text

Banyak sudah pola terkena Narrative Text yang sudah dibentuk di www.belajarbahasainggris.us ini, anda bisa melihatnya di Cerita Rakyat Bahasa Inggris Se-Dunia. Tapi untuk lebih afdolnya, penulis hadirkan pola Narrative Text sebagai diberikut.

Snow White

Orientation
Once upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead.

Complication 1
One day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.

Resolution 1
Snow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.

Complication 2
Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep.

Resolution 2
Meanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, “what is your name?” Snow White said, “My name is Snow White.”
 
Doc, one of the dwarfs, said, “If you wish, you may live here with us.” Snow White said, “Oh could I? Thank you.” Then Snow White told the dwarfs the whole story and Snow White and the 7 dwarfs lived happily ever after.

salju Putih

orientasi
Sekali waktu hiduplah seorang gadis kecil bernama Snow White. Dia tinggal bersama Bibi dan Paman karena orangtuanya sudah meninggal.

komplikasi 1
Suatu hari ia mendengar Paman dan Bibi berbicara perihal meninggalkan Snow White di benteng karena mereka berdua ingin pergi ke Amerika dan mereka tidak punya cukup uang untuk mengambil Snow White.

resolusi 1
Salju Putih tidak ingin Paman dan Bibi untuk melaksanakan hal ini sehingga ia memutuskan akan lebih baik jika dia lari. Keesokan harinya ia kabur dari rumah ketika Bibi dan Paman sedang sarapan. Dia melarikan diri ke hutan.

komplikasi 2
Lalu ia melihat pondok kecil ini. Dia mengetuk tapi tidak ada yang menjawaban jadi dia masuk ke dalam dan jatuh terpulas.

resolusi 2
Sementara itu, tujuh kurcaci hadir pulang dari kerja. Mereka masuk ke dalam. Di sana mereka menemukan Salju pulas Putih. Kemudian Putri Salju terbangun. Dia melihat kurcaci. Para kurcaci berkata, "siapa namamu?" Kata Snow White, "Nama saya Snow White."

Doc, salah satu kurcaci, mengatakan, "Jika Anda ingin, Anda dapat tinggal di sini bersama kami." Snow White mengatakan, "Oh aku bisa? Terima kasih "Lalu. Salju Putih mengatakan kepada kerdil seluruh cerita dan Snow White dan 7 kurcaci hidup senang selamanya.

Pengertian Descriptive Text dan Pembahasannya


Dalam artian luas, Description, ibarat dijelaskan oleh Kgua (2000: 352), diartikan ibarat pada kalimat di bawah ini :
Description is about sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual experience, but description also deals with other kinds of perception.
Jadi, kalau disimpulkan dari klarifikasi Kgua di atas, tulisan deskriptif bermakna teks yang menerangkan wacana pengalaman yang berafiliasi dengan pancaindera, ibarat apa bentuknya, suaranya, rasanya. Kebanyakan teks deskriptif memang wacana pengalaman visual, tapi nyatanya pengalaman selain dari indera penglihatanpun bisa dipakai dalam descriptive text.

Namun secara khusus, descriptive text adalah, "...... is a text which says what a person or a thing is like. Its purpose is to describe and reveal a particular person, place, or thing." [teks yang menerangkan citra seseorang atau benda. Tujuannya yakni menerangkan atau mengungkapkan orang, daerah atau benda tertentu]

Jadi, bisa dikatakan bahwa descriptive text ini yakni teks yang menerangkan wacana ibarat apakah orang atau suatu benda dideskripsikan, baik bentuknya, sifat-sifatnya, jumlahnya dan lain-lain. Tujuan (purpose) dari descriptive text pun jelas, yaitu untuk menerangkan, MENGGAMBARKAN atau mengungkapkan seseorang atau suatu benda.

Generic Structure dalam Descriptive Text


Ketika menulis descriptive text, ada beberapa susunan umum / generic structure (sebenarnya tidak wajib) biar goresan pena kita dianggap benar. Susunan tersebut yakni :
  1. Identification : meliputi wacana identifikasi hal / seorang yang akan dideskripsikan.
  2. Description : meliputi wacana klarifikasi / penggambaran wacana hal / seseorang dengan sebut beberapa sifatnya.
Ketika kita menulis descriptive text, hal yang wajib kita ketahui yakni cara kita memberikan deskripsi goresan pena kita tersebut. Oleh lantaran itu pemahaman wacana adjective (kata sifat bahasa Inggris) wajib kita kuasai.

Selain adjective, beberapa struktur bahasa Inggris yang berfungsi sebagai adjective pun harus kita pahami biar penulisan descriptive text kita terlihat tidak kaku.
misal Descriptive Text

Banyak sekali pola descriptive text yang tersebar di dunia maya. Teknik simpel mendapat pola descriptive text dalam sebuah situs yaitu dengan melihat about us sebuah situs. Mengapa demikian, lantaran suatu situs biasanya terdapat klarifikasi atau citra wacana keberadaan mereka dalam dunia maya.

Oke, mari kita lihat pola descriptive text yang belum pernah anda baca (mungkin) :

misal Descriptive Text wacana Ibu

My mother is a beautiful person. She is not tall but not short, and she has curly hair and brown. Her eyes color are like honey and her color skin color light brown, and she has a beautiful smile. Her weight likes 120 lbs.


She is a very kind person. She is very lovely, friendly, patient, and she loves to help people. I love my mom, because she is a good example to me. She loves being in the Church, and she loves sing and dance too.

She is a very good child, wife and mother. She always takes care of her family. She likes her house to be clean and organized. She a very organized person, and all things in the house are in the right place. She doesn't like messes.

She always has a smile on her face. She is so sweet and lovely. I like when I am going to sleep or went I wake up or when I am going to go to some places, she always give me a kiss, and when the family have a problem she always be with us to helps us and to give us all her love.

Teks wacana ibu
Ibuku adalah orang yang indah. Dia tidak tinggi tapi tidak pendek, dan dia memiliki rambut keriting dan coklat. Mata warna nya yakni seperti madu dan warna kulitnya berwarna coklat muda, dan dia memiliki senyum yang indah. Berat badannya suka 120 lbs.


Dia adalah orang yang sangat baik. Dia sangat indah, ramah, sabar, dan dia mencintai untuk memmenolong orang. Aku cinta ibuku, karena dia adalah pola yang baik bagi aku. Dia mencintai berada di Gereja, dan dia mencintai menyanyi dan menari juga.

Dia adalah anak yang sangat baik, istri dan ibu. Dia selalu mengurus keluarganya. Dia suka rumahnya menjadi membersihkan dan terorganisir. Dia orang yang sangat terorganisir, dan tiruana hal di rumah berada di tempat yang tepat. Dia tidak suka macam-macam.

Dia selalu memiliki senyum di wajahnya. Dia begitu manis dan indah. Saya suka ketika aku akan pulas atau pergi aku bangun atau ketika aku akan pergi ke beberapa tempat, dia selalu memdiberi aku ciuman, dan ketika keluarga memiliki masalah dia selalu bersama kita untuk memmenolong kita dan memdiberi kita tiruana cintanya.

PENGERTIAN PROCEDURE TEXT DAN PEMBAHASANNYA

Ada tiga definisi "umum" terkena procedure text : (1)Texts that explain how something works or how to use instruction / operation manuals e.g. how to use the video, the computer, the tape recorder, the photocopier, the fax. (2) Texts that instruct how to do a particular activity e.g. recipes, rules for games, science experiments, road safety rules. (3) Texts that deal with human behaviour eg how to live happily, how to succeed.

Dari keterangan di atas, sanggup kita garis bawahi bahwa procedure text yakni (1) Teks yang menerangkan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menerangkan cara memakai pedoman arahan / penerapan. pola : cara memakai video, komputer, mesin fotokopi, fax dll. (2) Teks yang menunjukan cara melaksanakan aktifitas tertentu. pola : resep, aturan bermain game, eksperimen ilmiah, aturan keamanan berkendara. (3) Teks yang berafiliasi dengan tingkah laris manusia. pola : cara hidup bahagian, cara sukses. dll..

The purpose procedural text is to tell the reader how to do or make something. The information is presented in a logical sequence of events which is broken up into small sequenced steps. These texts are usually written in the present tense. The most common example of a procedural text is a recipe.

Tujuan procedure text yakni memdiberitahu pembaca cara melaksanakan / membuat sesuatu. Informasi disajikan dengan urutan insiden yang logis. Peristiwa tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa langkah-langkah terpisah. Teks ini biasanya ditulis memakai present tense. misal paling umum procedure text yakni resep masakan.

GENERIC STRUCTURE OF PROCEDURE TEXT

Seperti halnya pengertian procedure text di atas, generic structure (susunan umum) procedure text juga ada tiga :
(1) Goal (Maksud atau tujuan)
(2) Material Needed (Materi / alat / materi yang dibutuhkan)
(3) Methods or Steps (Metode / langkah-langkah)

Catatan : Pada procedure text yang berupa How-to ("Pokoknya berjudul how to"), kadang material needed (materi yang dibutuhkan) tidak disertakan. (aturan tidak wajib sih dan bisa diubah2 kok :)

HOW TO MAKE FRIED BANANA (Pisang Goreng)

INGREDIENTS :

1 ripe black-skinned plantain or 4 small finger banana (make sure that the banana is sweet)
1 egg
1 tsp. sugar
6 Tbs. flour
water
a pinch of salt
vegetable oil for deep frying

STEPS / INSTRUCTION :


Place flour in a deep mixing bowl. Make a well in the middle of the flour, and add egg, sugar and salt. Add water little by little. Whisk vigorously until batter is evenly smooth for coating and not too thin. If it is too thin, add more flour.
Peel plantain or banana and cut in half lengthwise and then cut again with 4-inch width. Dip into batter to coat generously.
Heat oil in a wok or deep fryer until moderately hot. Place coated plantain or banana in the wok or deep fryer and fry slowly until golden brown and crispy. This usually take approximately 10-15 minutes. Remove bananas from oil, drain on paper napkins and dry well.
Serve while still warm

NOTES :

TSP = TEASPOON = SENDOK TEH
TBS = TABLESPOON = SENDOK MAKAN

SELESAI !!!!!


Jika teman erat masih belum bisa membuat procedure text sendiri, cobalah dengan hal-hal yang teman erat bisa, contohnya berjudul HOW TO MAKE FACEBOOK? atau HOW TO WRITE PLAY FOOTBALL, pokoknya hobby teman erat bisa menjadi ilham membuat pola procedure text - how to, apapun hobi teman dekat, niscaya teman erat sangat mengerti cara melakukannya. Intinya, kembangkan terus kualitas penguasaan kosakata bahasa Inggris, oke??
Terjemah :


CARA MEMBUAT PISANG GORENG (Pisang Goreng)

BAHAN:


1 masak hitam berkulit pisang atau 4 jari kecil pisang (pastikanbahwa pisang adalah manis)
1 butir telur
1 sdt. gula
6 sdm. tepung
air
sedikit garam
minyak sayur untuk menggoreng

LANGKAH / INSTRUKSI:
Tempatkan tepung dalam mangkuk yang dalam. Buat lubang ditengah tepung, dan menambahkan telur, gula dan garam. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Kocok dengan penuh semangat sampai adonan secara merata halus untuk coating dan tidak terlalu tipis.Jika terlalu tipis, menambahkan tepung.
Kupas pisang raja atau pisang dan dipotong setengah memanjangdan kemudian dipotong lagi dengan 4-inci lebar. Celupkan ke dalam adonan untuk melapisi dengan murah hati.
Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan sampai cukupgerah. Tempat dilapisi pisang raja atau pisang dalam wajan ataupenggorengan dan goreng perlahan sampai berwarna cokelat keemasan dan renyah. Hal ini biasanya memakan waktu sekitar 10-15 menit. Hapus pisang dari minyak, tiriskan pada serbet kertas dan kering juga.
Sajikan saat masih hangat

CATATAN:

TSP = SENDOK TEH = Sendok TEH
TBS = sendok makan = Sendok Makan



News Items Text adalah salah satu Jenis Teks Bahasa Inggris yang memdiberi informasi kepada pembaca terkena kejadian-kejadian yang terjadi sehari-hari. Kejadian-kejadian tersebut yang disampaikan kepada pembaca yakni insiden yang dianggap penting, hangat dan patut dijadikan diberita.

Tujuan Komunikatif News Item Text

Tujuan komunikatif dari News Items Text adalah memdiberitakan kepada pembaca, pendengar atau penonton wacana peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dipandang penting atau layak didiberitakan.

Generic Structure News Item Text

Pada teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat tiga cuilan dalam setiap struktur kebahasaannya, yaitu:

1. Newsworthy Event
Bagian pertama dari struktur kebahasaan News Item Text yang sering disebut Main Event yakni cuilan yang menceritakan atau meliputi diberita wacana insiden atau insiden inti yang biasanya dalam bentuk ringkasan atau summary.

2. Backgroud Event
Bagian kedua dari struktur kebahasaan News Item Text atau yang sering disebut juga dengan Elaboration yakni cuilan yang menceritakan atau meliputi wacana latar belakang insiden atau kejadian, siapa yang terlibat dan di mana daerah kejadiannya.

3. Source
Bagian terakhir dari struktur kebahasaan News Item Text adalah cuilan yang menceritakan atau meliputi wacana komentar, saksi kejadian, pendapat para ahli, dsb. terkena insiden atau insiden yang didiberitakan.


Ciri Kebahasaan News Item Text

Di setiap teks bahasa Inggris yang berjenis News Item Text, terdapat ciri-ciri kebahasaan ibarat diberikut ini:
  • Informasi singkat tertuang dalam headline
  • Memseriuskan pada kejadian
  • Menggunakan action verb
  • Menggunakan material process

Growing Number of High School Student Smoking
A survey has found about 13 percent of first-time smokers in the country are anabawang high school students. It also revealed 89 percent of young female employees were smokers.

The survey was conducted in five major cities across the country, including Surakarta in Central Java.

Muhammad Syahril Mansyur, the Surakarta Health Agency’s respiratory illness division, said that the finding of the survey showed an alarming growth rate of Indonesian smokers. "This situation is a cause for concern,” he said. “It appears the country’s younger generation is uneducated about the health risks of smoking.”

The Indonesian anti-tobacco campaign has reportedly been deemed as ineffective as the government refuses to sign the international convention on tobacco control. It said that cigarette producers contributed to a large amount to state revenue and gave jobs to thousands of workers.

Tumbuh Banyaknya Merokok Siswa Sekolah Tinggi

Sebuah survei sudah menemukan sekitar 13 persen dari pertama kali perokok di negara tersebut siswa SMP. Hal ini juga mengungkapkan 89 persen karyawan wanita muda yakni perokok.

Survei ini dilakukan di lima kota besar di seluruh negeri, termasuk Surakarta di Jawa Tengah.

Muhammad Syahril Mansyur, divisi penyakit pernapasan Surakarta Dinas Kesehatan, menyampaikan bahwa temuan dari survei menawarkan tingkat pertumbuhan yang mengkhawatirkan dari perokok Indonesia. "Situasi ini menjadi perhatian," katanya "Tampaknya generasi muda negara itu yang tidak berpendidikan wacana risiko kesehatan dari merokok.".

The Indonesian anti-tembakau kampanye dilaporkan sudah dianggap tidak efektif lantaran pemerintah menolak untuk menanhadirani konvensi internasional wacana pengendalian tembakau. Dikatakan bahwa produsen rokok mempersembahkan bantuan terhadap jumlah besar untuk menyatakan pendapatan dan memdiberi pekerjaan kepada ribuan pekerja.

Analytical Exposition - Penjelasan & misal


.
Liburan kian silam, sebentar lagi kita kembali bersekolah ibarat biasa. Dan mungkin Analytical Exposition Text adalah salah satu pelajaran pembuka “otak” kita kini ini. Meski sedikit menyebalkan memang, mau tidak mau kita harus mempelajari salah satu jenis teks yang satu ini demi kelancaran “sekolah kita” dan tentu peningkatan pemahaman bahasa Inggris yang kita miliki.

Bagaimanapun, Analytical Exposition ialah cuilan penting dalam pelajaran bahasa Inggris. Jika teman erat ingin memahaminya, mari kita bersama-sama menelaah pelajaran ini dengan seksama, tidakboleh lupa berdo’a semoga dengan membaca goresan pena di bawah ini kita didiberi pemahaman lebih, oke..

Definisi Dan Tujuan Analytical Exposition


Pengertian atau definisi analytical exposition text tolong-menolong sangat simpel dipahami. Secara bahasa, “Analytical” bermakna, “examining or liking to examine things very carefully” (Cambridge). Artinya, (suka mengusut / menguji sesuatu secara hati-hati). Sedangkan makna exposition sendiri sudah pernah saya jelaskan pada goresan pena wacana hortatory exposition, yaitu “a comprehensive description” atau klarifikasi secara luas.

melaluiataubersamaini demikian, pengertian Analytical Exposition bisa dipahami sebagai text yang mencoba mempersembahkan klarifikasi secara komprehensif wacana suatu persoalan dengan menampilkan pendapat-pendapat pendukung secara hati-hati.

Sedangkan tujuan utama analytical exposition text ini adalah, “ to attempt to persuade the reader to believe something by presenting one side of the argument.” Artinya mencoba meyakinkan pembaca biar mempercayai sesuatu dengan mempersembahkan satu sisi pendapat saja.”

Mengacu pada tujuan analytical exposition ini, hal ini tidak bermakna bahwa dalam analytical exposition meliputi satu argumen saja, akan tetapi meliputi aneka macam argumen yang mempunyai tujuan sama.

 

Generic Structure Of Analytical Exposition


Perbedaan susunan antara hortatory exposition dengan analytical exposition spesialuntuklah pada struktur terakhirnya saja. Jika hortatory exposition diakhiri dengan recommendation,analytical expostion diakhiri dengan conclusion. Untuk lebih jelasnya mari kita simak di bawah ini:

Thesis


Seperti pada jenis teks lainnya, thesis ini meliputi pandangan penulis wacana suatu persoalan secara lebih sederhana.  Untuk lebih jelasnya silahkan baca klarifikasi terkena thesis statemen pada teks hortatory.

Series of Argument


Series of Argument meliputi beberapa klarifikasi lanjutan dari keterangan sederhana dalam thesis statement. Ketika menulis argument ini, diusahakan biar lebih teliti lagi lantaran pada cuilan inilah sebuah goresan pena bisa menghipnotis pembaca. Jika perlu, sertakan pendapat berdasarkan para ahli.

Conclusion


Conclusion sering juga disebut dengan reiteration. Pada cuilan ini, kita spesialuntuk dituntut untuk menyimpulkan, atau lebih sederhananya kita mengungkapkan kembali apa yang dijelaskan pada thesis statement.

 

misal Analytical Expositon


Jika kita ingin mengetahui pola analytical exposition, kita bisa menemukannya dengan simpel pada editiorial diberita. Selain itu kita juga bisa lihat pada teks iklan / advertisement, pamplet, poster dll. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat pola teks analytical expostion pada gambar  yang diterbitkan blake education, di bawah ini :

Klik Untuk Memperbesar Gambar "misal Analytical ExpositionText" di atas.



The Dangerous of Using Drugs
       Everybody must pay attention of drugs. Drugs are very dangerous for us. Why it is very dangerous for us? Because its can caused harm to our body. 

        In terms of health, ­­­many organs in our body can be harm because using drug. In general, the impact of using drug are can unconscious, make us hallucinate, can harm our nerve, and cause addictive effect. Beside that, using drugs can make the users depressed, liver disease, schizophrenia, blockage of blood vessels, dehydration, optic nerve damage, brain damage, and finally it can cause DEATH! 
    
        When viewed in terms of Islamic law, drugs are forbidden. Because it is cause badness, self harm, debilitate. And Islam proscribes all that can cause badness, self harm because it is included zhalim. Also if we using drugs, it means we already do the forbidden things in Islam, it means we sin. So, in terms of Islamic law, using drugs also dangerous. 

        Furthermore, if the users of drugs are teenagers, it can endanger their future, and endanger their homeland, their country. From the data, 32 percent of drugs users in Indonesia are teenagers, so, if many teenagers –in this case Indonesia- use drugs, it can be endanger this country, harm youth generation, whereas youths are nation expectation. If the youth using drugs, our nation can be destroy! 

           So, from now on we must pay attention of drugs, because it’s very dangerous, both in terms of health, religion (Islam), nationality and state.

Yang Berbahaya Menggunakan Obat
        Semua orang harus memperhatikan obat-obatan. Obat yang sangat berbahaya bagi kita. Mengapa sangat berbahaya bagi kita? Karena kaleng yang menyebabkan kerugian bagi tubuh kita.

         Dari segi kesehatan, banyak organ dalam tubuh kita dapat membahayakan karena menggunakan narkoba. Secara umum, dampak penerapan narkoba yang bisa sadar, menciptakan kita berhalusinasi, dapat membahayakan saraf kita, dan menimbulkan efek adiktif. Selain itu, menggunakan obat-obatan dapat menciptakan pengguna depresi, penyakit hati, skizofrenia, penyumbatan pembuluh darah, dehidrasi, kerusakan saraf optik, kerusakan otak, dan akhirnya dapat menyebabkan KEMATIAN!
   
         Bila dilihat dari segi hukum Islam, obat dilarang. Karena itu adalah penyebab kejahatan, merugikan diri, melemahkan. Dan Islam proscribes tiruana yang dapat menyebabkan kejahatan, merugikan diri karena termasuk zhalim. Juga jika kita menggunakan obat-obatan, itu berarti kita sudah melakukan hal yang dilarang dalam Islam, itu berarti kita berdosa. Jadi, dalam hal hukum Islam, menggunakan obat-obatan juga berbahaya.

         Selain itu, jika pengguna obat adalah remaja, hal itu bisa membahayakan masa depan mereka, dan membahayakan tanah air mereka, negara mereka. Dari data, 32 persen pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja, jadi, jika remaja-di banyak hal ini Indonesia-penerapan obat, dapat membahayakan negara ini, membahayakan generasi muda, sedangkan pemuda adalah harapan bangsa. Jika pemuda menggunakan narkoba, bangsa kita dapat menghancurkan!

            Jadi, mulai sekarang kita harus memperhatikan obat, karena itu sangat berbahaya, baik dari segi kesehatan, kebangsaan, agama (Islam), dan negara

PENGERTIAN HORTATORY EXPOSITION TEXT DAN PEMBAHASANNYA

Disebutkan dalam Concise Oxford Dictionary, Hortatory termasuk kata sifat (adjective) bermakna "tending or aiming to exhort" ("cenderung atau bertujuan mendorong / mendesak orang lain untuk melaksanakan sesuatu"). Sedangkan Exposition  bermakna "a comprehensive description and explanation of a theory" ("Penjelasan dan penjabaran sebuah teori secara komprehensif").

Jadi secara bahasa, kalau disimpulkan, hortatory exposition yakni teks yang menerangkan sebuah teori/masalah secara komprehensif dengan tujuan mendorong orang lain melaksanakan / tidak melaksanakan sesuatu.

GENERIC STRUCTURE OF HORTATORY EXPOSITION

Generic Structure, atau susunan umum hortatory exposition yakni sebagai diberikut :

1.  Thesis / General Statement

Thesis / general statement meliputi pernyataan pembuka terkena topik pembahasan. Sebagai pola kita akan mengulas terkena ancaman rokok, thesis statement yang bisa kita gunakan contohnya :

“Rokok sanggup mengakibatkan kanker, serangan jantung, dan impotensi”.

2.  Arguments

Arguments, ”Pendapat” meliputi aneka macam pembahasan lanjutan dari thesis statement secara detail. Akan lebih baik kalau argument ini tidak spesialuntuk meliputi pendapat pribadi penulis saja tapi juga bisa meliputi pendapat para pakar. Mengacu pada pola thesis statement perihal rokok di atas, kita bisa membuat arguments pendukung dengan lebih detail, contohnya :

Argument 1 : Saya mengira serangan jantung yang dialami eksekutif PT. LaptopButut, Pak “XXX”, disebabkan lantaran intensitas merokok lebih banyak dari pada minum air putih.(Terus kembangkan paragraf ini lebih dalam)

Argument 2 : Telah banyak dibuktikan bahwa rokok hampir menjadi alasannya utama penyakit kanker. (Terus kembangkan paragraf ini)

Argument 3 : Impotensi seorang bos “XXX” di kota “XXX” disebutkan lantaran kebiasaanya merokok sebelum pulas. (terus kembangkan lagi paragraf ini)

3.  Recommendation.

Recommendation / suggestion meliputi masukan penulis wacana topik pembahasan. Jika mengulas wacana ancaman rokok, teman erat niscaya tahu dong apa yang harus dimasukankan?

CONTOH HORTATORY EXPOSITION

misal hortatory expostion ini diambil dari buku bahasa Inggris Interlanguage yang mengulas wacana "Masyarakat Indonesia harus menghargai perbedaan budaya demi Kesatuan Bangsa." Mari kita simak...



The Importance Of Reading


I personally think that reading is a very important activity in our life. Why do I say so?

Firstly, by reading we can get a lot of knowledge about many things in the world such as Science, technology, sports, arts, culture, etc written in either books, magazine, newspaper, etc.

Secondly, by reading we can get a lot of news and information about something happening in any parts of the world which can we see directly.

Another reason, reading can give us pleasure too. When we are tired, we read books, novel, comic, newspaper or magazine on the entertainment column such as comedy, short story, quiz, etc. To make us relaxed.

The last, reading can also take us to other parts of the world. By reading a book about Irian Jaya we may feel we’re really sitting in the jungles not at home in our rooms.

From the facts above, it’s obvious that everyone needs to read to get knowledge, information and also entertainment. Or in summary we can say reading is truly important in our life.


Pentingnya Membaca



Saya pribadi berpikir bahwa membaca adalah kegiatan yang sangat penting dalam hidup kita. Kenapa saya bilang begitu?

Pertama, dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan perihal banyak hal di dunia seperti Ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, seni, budaya, dll ditulis dalam buku baik, majalah, koran, dll

Kedua, dengan membaca kita bisa mendapatkan banyak diberita dan informasi perihal sesuatu yang terjadi di setiap bagian dari dunia yang dapat kita lihat secara langsung.

Alasan lain, membaca dapat mempersembahkan kita kesenangan juga. Ketika kita lelah, kita membaca buku, novel, komik, koran atau majalah pada kolom hiburan seperti lawakan, cerita pendek, kuis, dll Untuk menciptakan kita santai.

Pembacaan, lalu juga dapat membawa kita ke cuilan lain dari dunia. melaluiataubersamaini membaca buku perihal Irian Jaya kita mungkin merasa kita benar-benar duduk di hutan tidak di rumah di kamar kami.

Dari fakta di atas, sudah jelas bahwa setiap orang perlu membaca untuk mendapatkan pengetahuan, informasi dan juga hiburan. Atau dalam ringkasan kita sanggup mengatakan membaca benar-benar penting dalam hidup kita.


Text Report dan Pembahasannya
text report adalah text yang bertujuan untuk mendeskripsikan sesuatu pada umumnya (Decribe something in general), yang meliputi: aneka macam benda/ hal yang biasanya berada di alam / hal yang dibentuk insan , dan text ini meliputi fenomena sosial yang ada/ terjadi di sekitar kita.Text Report mencakup serangkaian fakta yang logis, tanpa ada keterlibatan pribadi (si penulis ) untuk membuatkan Text Report.
Dan diberikut yakni struktur dari Text Report:
  1. General Classification (klasifikasi umum ). Berisi pengantar wacana sesuatu / fenomena yang akan di bahas, biasanya struktur ini berada di pertama paragraf Text Report.
  2. Description ( deskripsi). Berisi menerangkan sesuatu/ fenomena yang dibahas biasanya meliputi bagian-bagian yang dibahas, perilaku, makanan, hingga tingkah laku.
Ciri-ciri Text Report:  
Text Report menggunakan simple present tense, keculai apabila yang dibahas itu sudah punah memakai past tense.


A House Cat

House cat is one of the world's greatest predators. These cats can kill or take a few thousand species. But because of its small size, cats are not dangerous to humans-the only danger that can arise is the possibility of rabies infection caused by a cat bite.  

Cats can be fatal to an ecosystem that is not the place to stay natural. In some cases, cats contributed to or caused extinctions. Cats catch and paralyze prey in a manner similar to the lions and tigers - prey by biting the neck of sharp canines that injure the spinal cord or cause the prey out of breath by destroying the throat.

Sebuah Cat House

Kucing rumah adalah salah satu predator terhebat di dunia. Kucing ini dapat membunuh atau mengambil beberapa ribu spesies. Tetapi karena ukurannya yang kecil, kucing tidak berbahaya bagi manusia-satu-satunya ancaman yang sanggup timbul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies akibat gigitan kucing.

Kucing dapat berakibat fatal bagi suatu ekosistem yang bukan tempat tinggal alami. Dalam beberapa kasus, kucing berperan atau menyebabkan kepunahan. Kucing menangkap dan melumpuhkan mangsa dengan cara yang mirip dengan singa dan harimau - mangsanya dengan menggigit leher gigi taring tajam yang melukai saraf tulang belakang atau menyebabkan mangsa kehabisan napas dengan merusak tenggorokan.


DEFINISI SPOOF TEXT DAN PEMBAHASANNYA

Disebutkan dalam Cambridge Advance Learner's Dictionary Online, ada dua makna spoof. Pertama, sebagai kata benda, spoof bermakna, "a funny and silly piece of writing, music, theatre, etc. that copies the style of an orisinil work". Sedang kedua, spoof sebagai kata kerja, bermakna, "to try to make someone believe in something that is not true, as a joke."
Dari kedua arti spoof di atas, sanggup disimpulkan bahwa pengertian spoof text yakni sebuah teks yang meliputi wacana humor meski sebagian teksnya sudah dimodifikasi dari aslinya.

GENERIC STRUCTURE OF SPOOF TEXT

Generic Structure (Susunan umum) dalam spoof text yakni :
  1. Orientation, meliputi pengenalan tokoh, latar, setting dll.
  2. Events, meliputi insiden atau kejadian
  3. Twist, ending kisah (akhir kisah yang dianggap lucu, kadang tidak terduga)
Penjelasan terkena orientation dan event sudah sering dibahas, khususnya pada pelajaran narrative text dan recount text. Dalam spoof text pun, orientation dan event tidak jauh tidak sama dengan yang ada dalam narrative dan recount.
Sedang untuk twist, bagi seorang yang belum terbiasa menulis kisah lucu mungkin sangat susah; untuk memahami twist saja sudah susah, apalagi mengarang sendiri...

Ya, untuk memahami twist, kita membutuhkan selera humor tinggi hingga kita bisa mencerna apa dibalik kelucuan yang terkandung dalam twist ini. Sebab biasanya sangat susah memperkirakan, "apa sih cuilan lucunya?"

CONTOH SPOOF TEXT : ABSENCE
Joe's Mother got angry because her son got a low mark on English test.

"Why did you get such a low mark on that test?" Asked mother angrily. Asked by his angry mother, Joe just kept silent and went out.

A few moment, Joe came back home and met his mother again. His mother asked the same question.


misal spoof TEXT: KETIADAAN
Ibu Joe marah karena anaknya mendapat nilai rendah pada tes bahasa Inggris.

"Kenapa kau bisa seperti tanda rendah pada tes itu?" Ditanya ibunya marah. Ditanyakan oleh ibunya marah, Joe spesialuntuk diam dan pergi keluar.

Sebuah beberapa saat, Joe hadir kembali ke rumah dan bertemu ibunya lagi. Ibunya ditanya pertanyaan yang sama.



CONTOH SPOOF TEXT : SAM TING WONG

Jacky Wong got married with Lia Wong. Both of them had a white skin and straight hair. They are really a well-matched couple.

One year later, Wong family got a new baby. A nurse brought them a son with curly hair and a black skin.

The nurse congratulated and said, "What name will you give to this son?"

With a confused face, Jacky Wong grumbled, "Sam Ting Wong!"

Nah, cukup sudah klarifikasi dan pola terkena spoof text. Jika ada yang tahu apa sih lucunya contoh-contoh di atas, silahkan bagi-bagi.. :)


misal spoof TEXT: SAM TING WONG

Jacky Wong berkeluarga dengan Lia Wong. Keduanya memiliki kulit putih dan rambut lurus. Mereka benar-benar pasangan baik-cocok.

Satu tahun kemudian, keluarga Wong punya bayi baru. Seorang perawat membawa mereka anak dengan rambut keriting dan kulit hitam.

Perawat mengucapkan selamat dan berkata, "Apa nama yang akan Anda diberikan untuk anak ini?"

melaluiataubersamaini wajah bingung, Jacky Wong menggerutu, "Sam Ting Wong!"

Nah, cukup sudah penjelasan terkena Dan misal spoof teks. Acute ADA Yang Tahu APA sih lucunya misal-misal di Atas, silahkan BAGI-BAGI .. :)


A. Pengertian Anecdote Text

Anecdote Text ialah salah satu jenis teks bahasa Inggris dari kalangan Narration (lihat artikel Types of Text) yang mana menceritakan kembali insiden ganjil atau insiden yang tidak biasa baik fakta maupun imajinasi.

B. Tujuan Komunikatif Anecdote Text

Sebenarnya dari pengertian Anecdote Text tersebut di atas kita bisa menyimpulkan tujuan komunikatif dari Anecdote Text yaitu menceritakan kembali insiden ganjil atau insiden yang tidak biasa yang ditujukan untuk menghibur pembaca.

C. Generic Structure Anecdote Text

Terdapat 4 struktur kebahasaan (Generic Structure) dari Anecdote Text, yaitu:

1. Abstract
Struktur kebahasaan yang pertama dari Anecdote Text yaitu Abstract. Pada cuilan Abstract, biasanya penulis mulai mengenalkan insiden ganjil atau tidak biasa apa yang akan diceritakanya. Terdapat beberapa Abstract dari Anecdote Text dipertamai dengan penerapan kalimat tanya, tetapi tidak tiruana Abstract dari Anecdote Text memakai kalimat tanya.

2. Orienation
Struktur kebahasaan yang kedua dari Anecdote Text yaitu Orientation. Seperti halnya di Narrative Text, Orientation di Anecdote Text juga menceritakan siapa, kapan, dan di mana insiden ganjil atau insiden tidak biasa tersebut terjadi.

3. Crisis
Struktur kebahasaan yang ketiga dari Anecdote Text yaitu Crisis. Pada cuilan ini menceritakan insiden ganjil atau insiden tidak biasa tersebut terjadi. Penulis menceritakan insiden tersebut dengan detail.

4. Reaction/ Incident
Struktur kebahasaan yang terakhir dari Anecdote Text yaitu Coda. Pada cuilan Coda, penulis menceritakan bagaimana subjek kisah (pelaku) memecahkan masalahnya dan selesai dari insiden ganjil atau tidak biasa tersebut.

D. Ciri kebahasaan Anecdote Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris mempunyai ciri kebahasaan tertentu selain bisa dilihat dari struktur kebahasaanya (Generic Structure). Di bawah ini yakni beberapa ciri kebahasaan yang biasanya ditemukan di setiap Anecdote Text:

1. Menggunakan past tense (Waktu lampau), seperti: I found it last night.
2. Menggunakan rhetoric question (pertanyaan retorika/berbicara/berpidato/kepandaian), seperti: Do you know what?
3. Menggunakan conjuction of time (kata sambung waktu), seperti: then, afterward, etc.
4. Menggunakan action verb (kata kerja aksi), seperti: went, writed, etc.
5. Menggunakan imperative sentece (kalimat perintah), seperti: listen to this.
6. Menggunakan exclamation sentence (kalimat seru), seperti: it's awful, it's wonderful, etc.


 E. misal Anecdote Text

Snake in the Bath

Abstract
How would you like to find a snake in your bath? A nasty one too!

Orientation
We had just moved into a new house, which had been empty for so long that everything was in a terrible mess. Anna and I decided we would clean the bath first, so we set to, and turned on the tap.

Crisis
Suddenly to my horror, a snake’s head appeared in the plug-hole. Then out slithered the rest of his long thin body. He twisted and turned on the slippery bottom of the bath, spitting and hissing at us.

Reaction/Incident
For an instant I stood there quite paralysed. Then I yelled for my husband, who luckily came running and killed the snake with the handle of a broom. Anna, who was only three at the time, was quite interested in the whole business. Indeed I had to pull her out of the way or she’d probably have leant over the bath to get a better look!

Coda
Ever since then I’ve always put the plug in firmly before running the bath water.


Ular di Bath

abstrak
Bagaimana Anda ingin menemukan ular di kamar mandi Anda? Yang jahat juga!

orientasi
Kami baru saja pindah ke rumah baru, yang sudah kosong begitu lama bahwa segala sesuatu adalah dalam kekacauan yang mengerikan. Anna dan aku tetapkan kami akan memmembersihkankan kamar mandi pertama, jadi kami diatur ke, dan menyalakan keran.

krisis
Tiba-tiba aku ngeri, kepala ular muncul di lubang plug-. Kemudian keluar merayap seluruh tubuh panjang tipis. Dia memutar dan berbalik di cuilan bawah licin mandi, meludah dan mendesis pada kami.

Reaksi / Insiden
Sejenak aku berdiri di sana cukup lumpuh. Lalu aku berteriak untuk suami aku, yang untungnya hadir berlari dan membunuh ular itu dengan gagang sapu. Anna, yang spesialuntuk tiga pada ketika itu, cukup tertarik pada bisnis secara keseluruhan. Memang aku harus menarikdanuniknya keluar dari jalan atau dia mungkin harus bersandar di atas kolam mandi untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik!

Coda
Sejak ketika itu aku selalu pasang steker tegas sebelum menjalankan air mandi.


Pengertian Review Text

Mungkin sebagian orang pernah melihatnya bahkan pernah menciptakannya. Review Text yakni salah satu dari jenis teks bahasa Inggris (genre) yang ditujukan untuk meninjau suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan belum sempurnanya yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai.

Tujuan Komunikatif Review Text

Tujuan komunikatif dari Review Text yakni melaksanakan Koreksi terhadap insiden atau karya seni untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai, contohnya film, pertunjukan, buku, dll.

Generic Structure Review Text

Setiap jenis teks bahasa Inggris (genre) mempunyai ciri Generic Structure yang tidak sama-beda sesuai dengan tujuan komunikatif yang akan disampaikan kepada pembaca. Dan untuk Generic Structure dari Review Text, terdapat 4 struktur kalimat, yaitu:
1. Introduction
Seperti jenis teks bahasa Inggris (genre) yang lainnya, pada paragraph pertama dari sebuah Review Text meliputi wacana citra umum wacana sebuah karya atau benda yang akan ditinjau. Gambaran umum wacana karya atau benda tersebut bisa berupa nama, kegunaan, dan sebagainya.

2. Evaluation
Pada Generic Structure yang kedua, Evaluation, mempersembahkan citra wacana detail suatu karya atau benda yang direview, bisa berupa bagian-bagian dari karya atau benda tersebut, keunikan dan kualitasnya. Tapi tidakboleh terlalu mempersembahkan banyak deskripsi wacana karya atau benda tersebut, lantaran teks review kita seolah-olah "mengajarkan" calon pembeli dan itu tidak bagus. Evaluasi karya atu benda sejauh yang diharapkan oleh pembeli yakni yang paling benar. Istilah yang dipakai dalam sturktur paragraph yang kedua ini tidak jauh dari kata "baik" atau "tidak" karya atau benda tersebut. Pada cuilan evaluasi, biasanya terdiri lebih dari satu evaluasi.

3. Interpretation
Pada cuilan ketiga ini, penulis mempersembahkan pandangannya sendiri terkena karaya atau benda yang direviewnya. Tentunya phase ini dilakukan sehabis melaksanakan penilaian yang cukup terhadap karya atau barang tersebut. Seringkali untuk mendukung dan memperkuat pandangan penulis terkena karya atau benda yang direviewnya, penulis tersebut membandingkan karya atau benda tersebut dengan karya atau benda yang mirip. Pada phase ini juga penulis menuliskan di cuilan apa karya atau benda tersebut bernilai atau di cuilan apa karya atu benda tersebut kurang bernilai.

4. Summmary
Pada cuilan ini, penulis mempersembahkan kesimpulan kepada pembaca terhadap karya atau benda yang sudah direviewnya. Sesudah mempersembahkan klarifikasi di penilaian dan pandangan penlis sendiri di interpretation, tibalah penulis mempersembahkan komentar apakah karya atau benda yang direviewnya berharga atau tidak untuk calon pembeli.

Ciri Kebahasaan (Language Features)

Pada Review Text terdapat beberapa ciri kebahasaan ibarat diberikut ini:
1. Menggunakan present tense.
2. Banyak memakai adjective (kata sipat) seperti, bad, good, valuable, etc.
3. Sering memakai long clause (klausa panjang) dan kompleks.


Battleship


The world's largest toy manufacturers from the United States, Hasbro, re-create the movie-themed games. If you previously relied-figure display Transformers sequel trilogy to be made-this time they put the war's most famous board game, Battleship.

The story begins with NASA since 2005 to try to make contact with the outside world. Various ways they are doing to meet the "other friend" of humans. In other places, there was the story of Hopper brothers. His brother, Stone Hopper (Alexander Skarsgrad), commander of the U.S. Navy, forcing her brutal brother, Alex Hopper (Taylor Kitsch), entered Navy for having "ruined his life" with teasing Sam (Brooklyn Decker), the son of Admiral Shgua (Liam Neeson ).

Credibility Alex tested when 14 states conduct exhibitions RIMPAC war games in Hawaii, USA. Alex had clashed with Captain Nagata (Tadanobu Asano) when Nagata kicked his face in a football tournament RIMPAC. This incident brought up when they meet again in the bathroom and clashing fist. Admiral Shgua was very disappointed with Alex that it threatens to fire him.

Amid the exhibition, there are five unexpected alien ship glides to Earth, one devastated Hong Kong. The other was stranded in the middle of the ocean Hawaii. 'John Paul Jones' ship, who commandeered Alex and two other battleship, approached the foreign ships and the three ships trapped in an artificial electromagnetic fields of that foreign ships.

This is where the battle occurred. Powerless looking man against sophisticated "alien" ships. Hope feels thin for young people to live. Are people going to survive? More details please watch the movie.

Characterizations in the film is pretty good. Taylor Kitsch portrayed the bumbling leaders well, as he does in the movie Star Trek (2009). Assisted by some famous stars, such as Rihanna, who plays Cora Raikes, and Gregory D. Gadson as Colonel Mick Canales, Taylor makes this film interesting with some tense scenes and his unpredictable. Unfortunately, the plot is not too special, like a regular movie war strategy. But, with piggyback famous trademarks and well-known movie actor (swimsuit models Brooklyn Decker is known in the U.S.), the film is arguably packaged quite nicely. It's quite worth being watched if you want a fancy full-scene of action-movie strategy.

Kapal penempur

Di dunia mainan produsen terbesar dari Amerika Serikat, Hasbro, kembali membuat film bertema permainan. Jika Anda sebelumnya mengandalkan tokoh-display Transformers trilogi sekuel dibuat-kali ini mereka menempatkan papan paling populer perang permainan, Battleship.

Cerita dimulai dengan NASA semenjak tahun 2005 untuk mencoba untuk melaksanakan kontak dengan dunia luar. Berbagai cara mereka lakukan untuk memenuhi "kawan lain" dari manusia. Di daerah lain, ada kisah Hopper saudara. Saudaranya, Batu Hopper (Alexander Skarsgrad), komandan Angkatan Laut Amerika Serikat, memaksa saudara brutal, Alex Hopper (Taylor Kitsch), masuk Angkatan Laut lantaran sudah "hancur hidupnya" dengan menarik hati Sam (Brooklyn Decker), putra dari Laksamana Shgua (Liam Neeson).

Kredibilitas Alex diuji ketika 14 negara melaksanakan pameran RIMPAC war games di Hawaii, Amerika Serikat. Alex sudah bentrok dengan Kapten Nagata (Tadanobu Asano) ketika Nagata menendang wajahnya dalam turnamen sepak bola RIMPAC. Kejadian ini dibesarkan ketika mereka bertemu lagi di kamar mandi dan kepalan bentrok. Laksamana Shgua sangat kecewa dengan Alex sehingga mengancam untuk memecatnya.

Di tengah pameran, ada lima kapal meluncur tak terduga alien ke bumi, satu hancur Hong Kong. Yang lainnya terdampar di tengah maritim Hawaii. Kapal 'John Paul Jones', yang dikomandoi Alex dan dua kapal perang lainnya, mendekati kapal abnormal dan tiga kapal terjebak dalam medan elektromagnetik buatan bahwa kapal-kapal asing.

Di sinilah terjadi pertempuran. Berdaya mencari orang melawan canggih "alien" kapal. Harapan terasa tipis bagi kaum muda untuk hidup. Apakah orang-orang akan bertahan? Lebih jelasnya silahkan menonton film.

Karakterisasi dalam film ini cukup bagus. Taylor Kitsch digambarkan para pemimpin kikuk dengan baik, ibarat yang dilakukannya di film Star Trek (2009). Dimenolong oleh beberapa bintang terkenal, ibarat Rihanna, yang bermain Cora Raikes, dan Gregory D. Gadson sebagai Kolonel Mick Canales, Taylor membuat film ini menarikdanunik dengan beberapa adegan tegang dan tak terduga itu. Sayangnya, plot tidak terlalu istimewa, ibarat seni administrasi perang film biasa. Tapi, dengan merek dagang populer kuda-kudaan dan populer pemain film film (swimsuit model Brooklyn Decker yang dikenal di AS), film ini bisa dibilang dikemas cukup baik. Ini cukup layak diawasi kalau Anda ingin glamor penuh adegan aksi-film strategi.

Teks Explanation (Explanation Text)

Posted by Ahmad Fathoni
Explanation text (teks explanation) yakni sebuah teks yang meliputi wacana proses-proses yang berafiliasi dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Sebuah Explanation text biasanya berasal dari pertanyaan penulis terkait ‘why’ dan ‘how’ terhadap suatu fenomena yang ada.




Tujuan Komunikatif Explanation Text

Tujuan komunikatif dari Explanation text yakni untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau acara yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menerangkan.

Generic Structur Explanation Text

Terdapat tiga cuilan dalam struktur kalimat Explanation Text, yaitu:

1. A general statement
Dalam general statement meliputi wacana klarifikasi umum wacana fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. A squenced of explanation
A squenced of explanation meliputi wacana klarifikasi proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawabanan dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.

3. Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text yakni closing, padahal itu ialah cuilan dari squenced of explantaion yang meliputi wacana langkah selesai yang dijelaskan pada cuilan squenced of explanation.


Language features Explanation Text

Dalam sebuah explanation text, terdapat ciri-ciri kebahasaan ibarat di bawah ini, yaitu:
•    Menggunakan simpel present tense
•    Mengguankan abstract noun (kata benda yang nampak)
•    Mengguanakan Passive voice
•    Menggunakan Action verbs
 
misal Explanation Text

Untuk menambah pemahaman anda terkena klarifikasi Explanation Text di atas, penulis sertakan juga pola explanation text diberikut ini:

Making Paper from Woodchips

General statement
Woodchipping is a process used to obtain pulp and paper products from forest trees. The woodchipping process begins when the trees are cut down in a selected area of the forest called a coupe.

Squence of explanation
Next the tops and branches of the trees are cut out and then the logs are taken to the mill. At the mill the bark of the logs is removed and the logs are taken to a chipper which cuts them into small pieces called woodchips. The woodchips are then screened to remove dirt and other impurities. At this stage they are either exported in this form or changed into pulp by chemicals and heat. The pulp is then bleached and the water content is removed.

Closing
Finally the pulp is rolled out to make paper.

Membuat Kertas dari woodchips

pernyataan umum
Woodchipping adalah proses yang digunakan untuk memperoleh produk pulp dan kertas dari pohon-pohon hutan. Proses woodchipping dimulai ketika pohon ditebang di area yang dipilih dari hutan yang disebut coupe.

Squence penjelasan
Selanjutnya bagian atas dan cabang-cabang pohon yang dipotong dan kemudian log dibawa ke pabrik. Di pabrik kulit kayu akan dihapus dan log dibawa ke chipper yang memotong mereka menjadi potongan-potongan kecil yang disebut woodchips. Para woodchips kemudian disaring untuk menghilangkan kotoran dan kotoran lainnya. Pada tahap ini mereka baik diekspor dalam bentuk ini atau berubah menjadi bubur oleh materi kimia dan gerah. Bubur tersebut kemudian dikelantang dan kadar air akan dihapus.

penutupan
Akhirnya pulp yang terguling keluar untuk menciptakan kertas

Discussion Text, saya pribadi lebih mengenalnya dengan Argumentative Essay, yakni salah satu jenis teks yang mempersembahkan dua pendapat terkena suatu hal. Pendapat tersebut tentu ada yang selaras dan juga ada yang berperihalan.

Ketika kita berdiskusi wacana suatu hal, tidak dipungkiri diskusi kita tersebut mempunyai aneka macam argumen / pendapat yang beragam. Begitu juga dengan discussion text, teks ini mempunyai dua pendapat yang tidak sama; satu, pendapat yang sepakat dan, dua, pendapat yang tidak setuju. Oleh lantaran itu kita harus mempunyai pandangan luas terkena suatu persoalan kalau kita ingin membuat discussion text.
 
Untuk lebih jelasnya, mari kita satu persatu mengulas apa saja yang harus kita pahami dalam mempelajari discussion text.
 

Definisi Discussion Text


Disebutkan dalam Learner Merriam-Webster Dictionary, bahwa kata “Discussion” mempunyai dua makna. Pertama, the act of talking about something with another person or a group of people : a conversation about something (Tindakan berbicara wacana suatu hal kepada orang lain atau sekumpulan orang). Kedua, a speech or piece of writing that gives information, ideas, opinions, etc., about something (Ucapan atau goresan pena yang mempersembahkan informasi, ide, opini, dll wacana suatu hal).
 
Dari kedua pengertian discussion di atas, makna nomor dua lebih cocok dengan makna discussion text. Jika disimpulkan, discussion text bermakna sebuah teks baik terucap atau tertulis yang mempersembahkan informasi, ide, pendapat, wacana suatu hal.

 
Setujukah Anda?

 

Generic Structure of Discusssion Text


Secara sederhana, susunan umum dalam discussion text ini terbagi menjadi 3 bagian.

1.    Issue (masalah)
2.    Arguments (Pendapat)
       a. Supporting Points (Pendapat Yang Mendukung)
       b. Contrasting Points (Pendapat Yang Berperihalan)
3.    Conclusion / Recommendation (Kesimpulan / Saran)

Issue (Masalah Utama)


Issue ini mencakupkan persoalan yang akan didiskusikan lebih lanjut. Jika anda ingin menulis sebuah teks diskusi ini, ada baiknya pilihlah topik permasalahan yang perdebatanal sehingga nanti anda mempunyai banyak argumen, baik argumen yang mendukung ataupun argumen yang berperihalan. Misalnya saja, topik persoalan “Siswa Tidak Boleh Membawa Handphone biar tidak mengganggu acara mencar ilmu mengajar di sekolah ”.

Supporting Points (Pendapat Yang Mendukung)


Pada cuilan supporting points ini, kita dituntut untuk menjabarkan lebih lanjut terkena klarifikasi wacana persoalan yang sedang kita bahas. Jika dalam Issue mencakupkan persoalan ibarat pada pola issue di atas, maka anda harus menerangkan lebih rinci wacana HP yang bisa mengganggu acara mencar ilmu mengajar di sekolah.

Contrasting Points (Pendapat Yang Berperihalan)


Pada cuilan contrasting points ini, alangkah baiknya kita mempersembahkan pendapat yang lebih tidak sama dengan supporting points. Jika HP dianggap mempersembahkan imbas negatif terhadap siswa, maka pada cuilan ini kita harus mempersembahkan pendapat terkena manfaat HP untuk siswa. Misalnya saja, dengan mempersembahkan argumen bahwa HP bisa megampangkan siswa dalam mencari informasi di internet wacana mata pelajaran yang sedang dibahas.

Recommendation / Conclusion (Saran / Kesimpulan)


Pada cuilan ini, usahakan kita mengambil jalan tengah terkena persoalan yang sedang dibahas biar kesimpulan yang kita ambil tidak lagi menhadirkan persoalan baru. Misalnya saja dalam persoalan HP di atas, kita bisa mempersembahkan masukan / kesimpulan dengan menuliskan Sekolah memperbolehkan siswa membawa HP asal tidak diaktifkan ketika acara mencar ilmu mengajar sedang berlangsung.
 
Giving Children Homework; Pro and Con
There are a lot of discussion as to whether children should be given homework or not. Is it enough for children having time to study at school or needing additional time in home for study after school time?
Some people claim that children do enough work in school already. They also argue that children have their hobbies which they want to do after school, such as sport or music. A further point they make is that a lot of homeworks are pointless and does not help the children learn at all.
However, there are also strong arguments against this point of view. Parents and teachers argue that it is important to find out whether children can work on their own without the support from the teacher. They say that the evening is a good time for children to sit down and think about what they have learned in school.
Furthermore they claim that the school day is too short to get anything done. It makes sense to send home tasks like independent reading or further writing task which do not need the teacher support.
I think, on balance, that some homework is good idea but that should only given at the weekend when children have more time.

Memdiberikan Pekerjaan Rumah Anak, Pro dan Con

Ada banyak diskusi terkena apakah anak-anak harus didiberikan pekerjaan rumah atau tidak. Apakah cukup untuk anak-anak memiliki waktu untuk belajar di sekolah atau membutuhkan tambahan waktu di rumah untuk studi sesudah waktu sekolah?

Beberapa orang mengklaim bahwa anak-anak cukup bekerja di sekolah sudah. Mereka juga berpendapat bahwa anak-anak memiliki hobi mereka yang mereka ingin lakukan sesudah sekolah, seperti olahraga atau musik. Titik selanjutnya mereka menciptakan adalah bahwa banyak homeworks yang sia-sia dan tidak memmenolong anak-anak belajar sama sekali.

Namun, ada juga argumen yang berpengaruh terhadap sudut pandang ini. Orang tua dan guru berpendapat bahwa penting untuk mengetahui apakah anak-anak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan dari guru. Mereka mengatakan bahwa malam hari adalah waktu yang baik bagi anak-anak untuk duduk dan berpikir perihal apa yang sudah mereka pelajari di sekolah.

Selanjutnya mereka mengklaim bahwa hari sekolah ini terlalu singkat untuk mendapat apa pun. Masuk akal untuk mengirim tugas-tugas rumah seperti membaca independen atau tugas menulis lebih lanjut yang tidak memerlukan dukungan guru.

Saya pikir, pada keseimbangan, bahwa beberapa pekerjaan rumah adalah ide yang baik, tetapi yang seharusnya spesialuntuk didiberikan pada selesai pekan ketika anak-anak memiliki lebih banyak waktu.


Tag : Materi SMA
0 Komentar untuk "Macam-Macam Jenis Teks Dan Pembahasannya (Lengkap)"

Back To Top