Contoh Soal Seni Budaya Dan Tanggapan Kelas X (Sepuluh )



Mata Pelajaran            : Seni Budaya                                      Hari, Tanggal  : Kamis, 14 Juni 2012
Kelas                           :X (Sepuluh)    AKT                            Waktu             : Pukul 09.30-11.00
I.         Jawablah Pertanyaan dibawah ini, dengan memdiberi tanda silang pada karakter a, b, c, d, atau e, pada lembar balasan yang tersedia!
1.     Teater sebagai aktivitas berkesenian yang mengacu kepada aktivitas dan pertunjukkan mengandung unsur-unsur sebagai diberikut, kecuali ….
a.      lakon               b. pemeran                 c. sutradara               d. Pentas             e. sponsor
2.        Unsur pertama yang terdapat dalam aktivitas teater  adalah ….
a.      naskah                       b. penonton                 c. publik           d. promotor        e. produser
3.        Bagian pembuka dalam sebuah drama yang maksudnya untuk  mempersembahkan pengarahan kepada pembaca  atau penonton disebut ….
a.      dialog                         b. prolog                     c. penutup          d. solilokui         e. monolog
4.        Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama di atas pentas secara utuh dan benar yaitu ….
a.      produser                     b. dramawan               c.  sastrawan    d. pemeran      e. promotor
5.        Bentuk teater  yang secara tegas memisahkan tempat antara pentas dan tempat penonton disebut ….
a.      nonprosenium            b. apron           c. prosenium      d. interior       d.pentas portabel    
6.        Kehadiran seorang penonton sama pentingnya dengan permainan terbaik dari seorang pemain film kalau hal itu dilihat dari segi keberhasilan sebuah pementasan.
Pernyataan tersebut ditetapkan oleh….
a.      Richard Bouleslavsky                       c. Umar Khayam                     e. Aris Toteles
b.      Arifin C. Noor                         d. Samuel Becket
7.        Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah penonton pada ketika pagelaran berlangsung, kecuali ….
a.      Publikasi yang gencar                        c. kualitas pemain baik           e.  kostum mewah
b.      Popularitas kelompok            d. kolaborasi yang baikdengan banyak sekali pihak
8.        Bentuk setting yang sama sekali tidak memakai alat-alat tertentu selain tempat di mana lakon dimainkan,termasukjenis setting….
a.      konvensional  set                   c. natural set                           e. modern set
b.      interior set                             d. tradisional set
9.        Dalam merias seorang pemain, penata rias harus mempertimbangkanaspek-aspek diberikut ini, kecuali….
a.      gambaran fisik pelaku           c. warna kebangsaan              e. pemilihan materi rias
b.      harga materi rias murah      d. imbas sinar lampu pentas yang mungkin dihasilkan                       
10.    Berikut ini yang tidak termasuk fungsi dari teater rakyat yaitu ….
a.      Sebagai alat pendidikan masyarakat
b.      Sebagai alat penebal perasaan solidaritaskolektif
c.       Sebagai alat mempertahankan suatu budaya bangsa
d.      Sebagai alat yang memungkinkan seseorang biasa bertindak dengan penuh kekuasaan terhadap orang yang menyeleweng
e.      Sebagai alat untuk mengeluarkan protes terhadap ketidakadilan yang terjadi di masyarakat
11.    Secara umum, teater tradisional rakyat mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut, kecuali….
a.      Cerita digarap berdasarkan fenomena terbaru.              
b.      Unsur banyolan selalu muncul.
c.       Nilai dan laris dramatik dilakukan secara spontan.
d.      Penonton mengikuti pertunjukkan secara santai.
e.      Tempat pertunjukkan teruka dalam bentuk arena.
12.    Menurut Dr. A.H. Nasution, suatu hasil karya seni dituntun untuk mempunyai kriteria-kriteria diberikut ini,kecuali….
a.      Etika               b. estetika                  c.  konsultatif              d. Efektif            e. edukatif 
13.    Perkembangan tater Barat di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang pada masa pemerintahan….
a.      Jepang                                    c. Hindia Belanda                   e. Yunani Kuno
b.      Indo-Eropa                             d. Portugis
14.    Teater Indonesia yang memakai bahasa Indonesia mulai tumbuh dan berkembang secara baik pada masa pendudukan ….
a.      Jepang                                   c. Indo-Belanda                       e. Indo-Eropa
b.       Portugis                                 d. spanyol
15.    Teater klasik barat bersumber dari teater  …..
a.      Amereka Serikat                    c. Portugis                               e. Yunani Kuno
b.      Roma                                      d. Belanda      
16.    Era kebangkitan teater modern Indonesia ditandai oleh kelompok teater berjulukan ….
a.      teater dardgualla                 c. teater  Orion                       e.  teater Tjahaya Timoer
b.      teater klasik                           d. teater beling
17.    Terlahirnya seniman-seniman teater dan film Indonesia yang berkarakter dan mengabdikan diri sepenuhnya bag perkembangan teater ditandai dengan munculnya ….
a.      CHAOS                                    c. ASDRAFI                              e. HSBI
b.      LEKRA                                     d.  AMI
18.    Pada final kurun XX , berkembang pula gaya absurdisme dalam teater Indonesia. Absurdisme  artinya ….
a.      rasional                                  c. normal                                 e. ekpresionis
b.      tak masuk akal                      d. tabu  
19.    Tokoh-tokoh teater abstrak yaitu sebagai diberikut, kecuali….
a.      Jean Paul Sartre                     c. Albert Camus                      e. Samuel Becket
b.       Eugene Lonesco                    d. Ares Toteles
20.         Dalam pementasan drama, plot dan karakter diwujudkan melalui ….
a.      kostum                                 c. properti                               e. laris (action)
b.      panggung                             d. amanat
21.    Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam dongeng yaitu ….
a.      tritagonis                                c. figuran                                 e. antagonis
b.       sampingan                            d. sentral
22.    Garis laris berdasarkan Aris Toteles yaitu sebagai diberikut, kecuali ….
a.      exposition                             c. protasis                                e. catastrophe
b.      epitasio                                  d. catastasis
23.    Permasalahan yang paling secara umum dikuasai menjiwai suatu naskah drama dari pertama hingga final dongeng disebut ….
a.      tema minor                            c. subtema                              e. tema sampingan
b.      tema mayor                          d. tema  cabang
24.    Dilihat dari cara menyusun bagian-bagiannya, alur  atau plot dongeng sanggup dibedakan menjadi beberapa macam, kecuali ….
a.      progresif                                c. alur sorot balik                    e. flashback
b.       alur cabang                          d. alur campuran
25.     Gambaran umum penggalan alur yang menggambarkan kehadiran beberapa tokoh yang belum mempunyai masalah atau menggambarkan suasana yaitu penggalan ….
a.      resolusi                                   c. paparan (eksposisi)                        e. penggawatan (komplikasi)
b.       titikpuncak                                  d. peleraian
26.    Ada tiga unsur utama dalam proses pengukuhan sebuah benda untuk sanggup disebut karya seni, yaitu….
a.      peragaan, properti, seniman             d. benda seni, panggung, lighting
b.      publik seni, benda seni, penonton     e. seniman, benda seni,publik seni
c.       struktur batin, pesan, seniman
27.    Dalam pemindahan atau penyaduran karya drama dituntun persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, kecuali….
a.      Plot dongeng dihentikan berubah           
b.      Karakterisasi spesialuntuk sebagian yang boleh diubah
c.       Latar budaya harus utuh       
d.      Karakterisasi dalam keseluruhan teks dihentikan berubah 
e.      Persoalan-persoalan yang terdapat dalam teks orisinil kemungkinan terjadi pula di dalam konteks budaya yang disesuaikan
28.    Secara garis besar, latar dalam drama sanggup dikelompokkkan menjadi tiga penggalan pokok, yaitu ….
a.      latar waktu, latar tempat, latar sosial        d.  latar waktu, latar tempat, latar ekonomi
b.      latar politik, latar geografis, latar sosial       e. latar intern, latar tempat, latar strata
c.       latar waktu, latar zaman, latar sosial
29.    Konflik-konflik yang muncul dalam dongeng drama saling berkaitan satu dengan lainnya, kecuali ….
a.       Adanya aturan kausalitas(sebab-akibat)      d. Aspek kemasukakalan (plausibiliti)
b.      Kesatuan rangkaian peristiwa( unity)            e.  Masalah kejiwaan
c.       Terjadinya kejutan (suspensi)
30.    Dalam membuat nama penokohan drama dongeng drama, sanggup mengacu hal-haldiberikut ini,kecuali ….
a.      berdasarkan asal-usul daerah                       d. berdasarkan status sosial
b.      berdasarkan profesinya                                 e. berdasarkan kondisi fisik
c.       berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan tokoh.

I.          Jawablah pertanyaan di bawah inidengan sempurna dan jelas!
1.      Sebutkan 2 (dua) permasalahan kehidupan yang sanggup diangkat ke dalam drama!
2.      Jelaskan 4 (empat) faktor yang mempengaruhi pengungkapan sebuah tema!
3.      Dalam membuat latar atau setting dalam drama mengacu beberapa aspek. Sebutkan dua aspek!
4.      Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melaksanakan pementasan drama!Jelaskan!
5.      Apa yang dimaksud dengan bahasa dramatik dalam naskah drama?

II.             Buatlah naskah dongeng drama satu!
Ketentuan:
-          Tentukan tema,
-          Berilah judul yang sesuai,
-          Ciptakan konflik,
-          Tentukan latar,
-          Ciptakan tokoh sesuai karakter.
0 Komentar untuk "Contoh Soal Seni Budaya Dan Tanggapan Kelas X (Sepuluh )"

Back To Top