ASALAMUALAIKUM ..
Selamat hadir di blog edukasi ini
RPP yaitu salah satu pecahan penting dalam melakukan aktivitas berguru mengajar,nah untuk itu saya akan membagikan RPP terutama untuk RPP EKONOMI KELAS XI SMA.
silahkan download ldengan link di bawah ini
Download RPP Ekonomi XI
untuk Previewnya :
Selamat hadir di blog edukasi ini
RPP yaitu salah satu pecahan penting dalam melakukan aktivitas berguru mengajar,nah untuk itu saya akan membagikan RPP terutama untuk RPP EKONOMI KELAS XI SMA.
silahkan download ldengan link di bawah ini
Download RPP Ekonomi XI
untuk Previewnya :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1, 2, 3, dan 4
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi ketenagakerjaan.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, dan peluang kerja.
· Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, dan peluang kerja.
· Mendeskripsikan pengangguran.
· Mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas kerja.
· Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
· Mendeskripsikan cara-cara mengatasi dilema pengangguran.
· Mendeskripsikan pasar tenaga kerja.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Ketenagakerjaan
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan angkatan kerja, tenaga kerja, dan peluang kerja.
· Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, dan peluang kerja.
· Mendeskripsikan pengangguran.
· Mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas kerja.
· Mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya.
· Mendeskripsikan cara-cara mengatasi dilema pengangguran.
· Mendeskripsikan pasar tenaga kerja.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 meni | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana ketenagakerjaan. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana ketenagakerjaan. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wahyu, Erlangga - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru pertanda wacana pengangguran. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berdiskusi sesuai kelompoknya untuk mengulas upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, jenis-jenis pengangguran dan cara mengatasinya. 2. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
40 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 5 dan 6
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi.
· Mengidentifikasi unsur –unsur faktor-faktor yang mensugesti pembangunan ekonomi.
· Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi.
· Mengidentifikasi pembangunan ekonomi negara maju dan negara berkembang.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pembangunan Ekonomi
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi.
· Mengidentifikasi unsur –unsur faktor-faktor yang mensugesti pembangunan ekonomi.
· Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi.
· Mengidentifikasi pembangunan ekonomi negara maju dan negara berkembang.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana pembangunan ekonomi. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana pembangunan ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda pengertian pengertian dan tujuan pembangunan ekonomi. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa bekerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi terkena faktor-faktor yang mensugesti keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi di negara maju dan negara berkembang. 3. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 7 dan 8
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
· Mendeskripsikan teori pertumbuhan ekonomi.
· Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pertumbuhan Ekonomi
5. Kelas : XI
6.Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
· Mendeskripsikan teori pertumbuhan ekonomi.
· Menghitung laju pertumbuhan ekonomi.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana pertumbuhan ekonomi. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana pertumbuhan ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda wacana pertumbuhan ekonomi dan perbedaannya dengan pembangunan ekonomi, serta cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana pertumbuhan ekonomi dan perbedaannya dengan pembangunan ekonomi, serta cara menghitung laju pertumbuhan ekonomi. 2. Siswa menuntaskan soal yang didiberikan. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 9 dan 10
Nama : Kasmadi
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya terhadap pembangunan nasional.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Dampak pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi.
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mengidentifikasi dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru mengamati kinerja siswa. 2. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi terkena dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi yang dialami di Indonesia. 3. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 11 dan 12
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: APBN dan APBD
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Menguraikan arti, fungsi dan tujuan APBN dan APBD.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana APBN dan APBD. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana APBN dan APBD. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru mengamati kinerja siswa. 2. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa mendiskusikan wacana fungsi dan tujuan APBN dan APBD. 3. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1 dan 14
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah sentra dan pemerintah daerah.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
· Menguraikan dampak APBN dan APBD terhadap perekonomian.
· Membedakan APBN model gres dan model lama.
· Mendeskripsikan cara penyusunan APBN.
· Mendeskripsikan cara pengelolaan APBN.
· Mendeskripsikan pertanggungjawabanan pengelolaan APBN.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Sumber APBN dan APBD.
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan daerah.
· Menguraikan dampak APBN dan APBD terhadap perekonomian.
· Membedakan APBN model gres dan model lama.
· Mendeskripsikan cara penyusunan APBN.
· Mendeskripsikan cara pengelolaan APBN.
· Mendeskripsikan pertanggungjawabanan pengelolaan APBN.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana dampak APBN dan APBD terhadap perekonomian. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana dampak APBN dan APBD terhadap perekonomian. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda perbedaan APBN model gres dan model lama. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa mendiskusikan wacana cara penyusunan, pengelolaan dan pertanggungjawabanan pengelolaan APBN. 3. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 25, 26, 27, dan 28
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya.
· Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
· Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Kebijakan Fiskal
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian pajak dan fungsinya.
· Mengidentifikasi pajak dan pungutan resmi lainnya sebagai sumber pendapatan negara dan daerah.
· Menghitung pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana pajak. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana pajak. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru pertanda wacana kebijakan fiskal. 2. Guru pertanda cara menghitung pajak penghasilan serta pajak bumi dan bangunan | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana kebijakan fiskal. Teknik menghitung PPH dan PBB. 2. Menyelesaikan soal-soal perhitungan PPH dan PBB. | |
40 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 29 dan 30
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah sentra dan pemerintah daerah.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Menunjukan jenis pembelanjaan pemerintah sentra dan daerah.
· Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
· Mengidentifikasikan samasukan dan macam-macam kebijakan anggaran.
· Mengkorelasikan hubungan kebijakan anggaran dengan neraca pembayaran.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pengeluaran Pemerintah
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Menunjukan jenis pembelanjaan pemerintah sentra dan daerah.
· Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
· Mengidentifikasikan samasukan dan macam-macam kebijakan anggaran.
· Mengkorelasikan hubungan kebijakan anggaran dengan neraca pembayaran.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana pembelanjaan pemerintah sentra dan daerah. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana pembelanjaan pemerintah sentra dan daerah. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda wacana Neraca pembayaran. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana Neraca pembayaran. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa mendiskusikan wacana kebijakan anggaran, yaitu samasukan dan macam-macam kebijakan anggaran. 4. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 31 dan 32
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Mengenal Pasar Modal
2. Kompetensi Dasar : Mengenal jenis produk dalam bursa efek.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan konsep pasar modal.
· Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pasar Modal
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan konsep pasar modal.
· Mendeskripsikan jenis produk dalam pasar modal.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana pasarmodal. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana pasar modal. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda wacana Pasar modal. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana pasar modal. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa berdiskusi terkena pasar modal dan produk yang diperjual belikan. 4. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 33 dan 34
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 85 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Mengenal Pasar Modal
2. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan prosedur kerja bursa efek.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan prosedur kerja bursa efek.
· Membedakan pasar modal dengan pasar uang.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Pasar Modal
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan prosedur kerja bursa efek.
· Membedakan pasar modal dengan pasar uang.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana beda pasar modal dengan pasar uang. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana beda pasar modal dengan pasar uang. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda pengertian pasar uang dan prosedur kerja pasar modal. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana pasar uang dan prosedur kerja pasar modal. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa berdiskusi terkena prosedur pasar modal. 4. Siswa memberikan hasil diskusi. . | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 35, 36, 37, dan 38
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 85 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi manfaat, laba dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional.
· Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
· Menguraikan konsep keunggulan otoriter (mutlak) dan keunggulan komparatif.
· Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Perdagangan Internasional
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional.
· Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
· Menguraikan konsep keunggulan otoriter (mutlak) dan keunggulan komparatif.
· Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang perdagangan internasional.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana perdagangan internasional. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana perdagangan internasional. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru pertanda pengertian dan perhitungan keunggulan otoriter dan keunggulan komparatif. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana keuggulan mutlak dan keunggulan komparatif serta perhitungannya. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Siswa berdiskusi terkena manfaat dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. 4. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
40 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
ØJenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 39,40, 41, dan 42
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing, dan neraca pembayaran.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penerapannya.
· Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
· Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
· Menghitung nilai tukar suatu valuta menurut kurs yang berlaku.
· Mendeskripsikan konsep neraca pembayaran.
· Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran dan neraca perdagangan.
· Mendeskripsikan dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
· Menghitung neraca pembayaran surplus dan defisit.
· Mendeskripsikan kebutuhan kontribusi luar negeri.
· Mendeskripsikan pengelolaan kontribusi luar negeri.
· Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia.
4.Materi Pokok/Pembelajaran: Kurs Valuta Asing
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mengidentifikasi sumber-sumber devisa dan tujuan penerapannya.
· Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
· Menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
· Menghitung nilai tukar suatu valuta menurut kurs yang berlaku.
· Mendeskripsikan konsep neraca pembayaran.
· Mengelompokkan komponen-komponen neraca pembayaran dan neraca perdagangan.
· Mendeskripsikan dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara.
· Menghitung neraca pembayaran surplus dan defisit.
· Mendeskripsikan kebutuhan kontribusi luar negeri.
· Mendeskripsikan pengelolaan kontribusi luar negeri.
· Menguraikan kebaikan dan keburukan utang luar negeri bagi Indonesia.
7. Waktu : 8 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
30 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana kurs valuta asing. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana kurs valuta asing. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
290 menit | 1. Guru pertanda wacana konsep dan komponen-komponen neraca pembayaran dan perbedaannya dengan neraca perdagangan serta perhitungan kurs valuta ajaib terhadap mata uang sendiri. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi terkena faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya perubahan nilai tukar rupiah dan dampak neraca pembayaran terhadap perekonomian suatu negara. 3. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
40 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda dan Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 43 dan 44
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana kebijakan-kebijakan perdagangan internasional. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana kebijakan-kebijakan perdagangan internasional. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru mengamati kinerja siswa. 2. Guru menanggapi hasil diskusi siswa. | 1. Siswa berkerja dalam kelompok. 2. Siswa berdiskusi wacana kebijakan- kebijakan perdagangan internasional. 3. Siswa memberikan hasil diskusi. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Pilihan Ganda
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 45 dan 46
Nama : Kasmadi S.Pd
Sekolah : Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Jakarta
Mata Pelajaran : Ekonomi
1. Standar Kompetensi : Memahami Perekonomian Terbuka
2. Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian devisa, fungsi sumber-sumber devisa dan tujuan penerapannya.
3. Indikator : siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa.
· Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
4. Materi Pokok/Pembelajaran: Devisa
5. Kelas : XI
6. Samasukan Hasil Belajar, siswa sanggup :
· Mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa.
· Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
7. Waktu : 4 x 45 menit
8. Perangkat ICT/ : - LCD
- Laptop
- CD Pembelajaran
10. Syarat mutlak keterampilan ICT : Siswa bisa mengoperasikan internet, power point, word dan excel
11. Persiapan Sebelum KBM : - Menyiapkan Silabus
- Menyiapkan RPP
- Memeriksa tiruana peralatan sanggup berfungsi baik
12. Pengalaman Belajar Pemanfaatan ICT di dalamnya :
WAKTU | METODE PEMBELAJARAN / AKTIVITAS GURU | AKTIVITAS SISWA | Bahan /Peralatan/ Sumber |
20 menit | 1. Apersepsi 2. Guru merangkum jawabanan-jawabanan siswa wacana pengertian dan fungsi devisa. | 1. Siswa menjawaban pertanyaan guru, wacana pengertian dan fungsi devisa. | - LCD - komputer/laptop - materi presentasi - Buku paket Ekonomi, Drs. Alam S,Esis - Buku paket Ekonomi Wiji Purwanta Dkk,Widya Utama - Buku paket Ekonomi, Kusdarti-Kusmuriyanto, Platinum - LKS - Modul - CD pembelajaran - internet on line - instrumen penilaian. |
130 menit | 1. Guru pertanda pengertian dan fungsi devisa, serta alat-alat pembayaran internasional. 2. Guru mengamati kinerja siswa. 3. Guru menanggapi hasil kerja siswa. | 1. Siswa memperhatikan dengan seksama klarifikasi guru wacana pengertian dan fungsi devisa, serta alat-alat pembayaran internasional. 2. Siswa berkerja dalam kelompok. 3. Mencari data di internet wacana alat-alat pembayaran internasional lainnya. | |
30 menit | 1. Guru tolong-menolong siswa membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes | 1. Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari materi tersebut. 2. Post tes |
13. PENILAIAN
Ø Kriteria Ketuntasan Minimal : 75 %
Ø Tipe Tagihan / Penilaian : Kognitif dan Afektif
Ø Bentuk Tagihan / Penilaian : Uraian
Ø Jenis Tagihan / Penilaian : Tugas Individu, Tugas kelompok, Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Akhir Semester
Mengetahui: Jakarta, 30 Juni 2010
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 74 Guru Bidang Studi
Drs. H. Arphan Lubis Kasmadi S.Pd
NIP. 131122792 NIP. 470069901
Tag :
Kumpulan RPP
0 Komentar untuk "Download Rpp Ekonomi Kelas Xi Sma"