Macam-macam tipe karburator
Pada kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan terkena jenis-jenis karburator yang terdapat pada motor, fungsi karburator sendiri untuk mencampur materi bakar dan udara yang di jadikn dalm bentuk kabut, kemudian di kirim ke ruang bakar melalui katup in atau masuk.
nah untuk macam-macam karburator bisa engkau lihat di bawah ini ;
1. Pertama kita akan mengulas Karburator Sejuta Umat yaitu PE 28, kenapa saya sebut Sejuta Umat? Karena karburator ini termasuk paling hemat dan paling praktis diseting.
Ukuran PE 24-38 yaitu PE 24, PE 28, PE 38. Bagi penyuka kecepatan, cocok untuk harian maupun balap drag motor belibis 105-125cc maupun kelas skutik bore up sampai 200 cc sebab kemampuannya untuk direamer menjadi 31mm dan Sangat cocok untuk yang menginginkan top speed dan turing dalkot (dalam kota) maupun lukot (luar kota).
Berikut Ciri-cinya:
- Skep dari ukuran 28mm.
- Setelan stationer warna hitam (sudco)
- Setelan stationer kuning (NSR SP)
- Skep lingkaran berlapis krom
- Performa tarikan bawah dan atas bagus
- Mampu direamer sampai 31mm
- Setting PJ MJ gampang
- Irit materi bakar
2. Yang kedua yaitu karbu PJ 34, karbu ini cukup populer dikalangan penggemar motor 2tak sebab karbu ini cukup memuaskan peformanya kalau dipasang ke mesin 2 langkah ketimbang karbu PE dan lainya. Karburator ini sudah terbukti kemampuannya sebab skep model oval yang unik ini. Memiliki kemampuan untuk membuat mesin mempunyai respon jauh lebih cepat dari pada karburator standard dengan skep bulat. Keuntungannya yaitu akselerasi lebih cepat dan peningkatan performa mesin.
PJ 34mm slide ini sangat cocok untuk ATV & Motocross.
Berikut Ciri-cirinya:
- Skep oval dan berlapis krom
- Ukuran skep lebar menambah tenaga di Putaran rendah ke Putaran tengah.
- cepatdangampang setting berair dan kontrol kecepatan
- Spare part pj mj praktis dicari.
- Tersedia ukuran venturi 34 mm
- Bahan bakar boros walaupun sudah disetting hemat sekalipun.
3. Diurutan ketiga ada Keihin PWK series. secara fisik karbu ini hampir seolah-olah sama PJ series terutama tutup skepnya yang lingkaran hitam itu. Namun PWK punya skep berbentuk semi-flat alias berbentuk D. Karburator yang akan menghasilkan tenaga tanpa kompromi. Ukuran Karbu PWK 28-41 yaitu PWK 28 biasa, PWK 28 sudco, PWK 35 air stiker (sudco) dan PWK 41 pro series, tipe ini paling Istimewa karena untuk tarikan bawah dan atas setting karbu praktis didapat. Tapi untuk main-jetnya tidak sama, dimensi lebih panjang.
Berikut Ciri-cirinya:
- Performa cantik di putaran bawah keatas
- Walaupun sudah disetting ngirit ,karbu ini tetep boros,atau ga bisa ngirit
- Skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome
- Spare part praktis dicari
- Ada rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop dikala udara melewati venturi
- Cocok untuk moto cross dan road race.
4. FCR, karburator ini bentuknya memang beda dari karbu pada umumnya, soalnya ini karbu udah termasuk karburator yang penyetingannya perlu keahlian khusus. Harganya pun juga tidak murah sekitar 5-6jt mahal ye?? Embeeeer :D
Untuk karburator jenis ini maaf ye gak pake gambar, sebab gw belum punya stocknya.
FCR Downdraf dan FCR Horizontal yang tersedia 28 , 33, 35
Karakteristik karbu FCR
Karbu ini direkomendasikan untuk road race,
FCR Horizontal dipakai utk mesin tegak, FCR Downdraft dipakai untuk mesin pulas.
5. Karbu Mikuni TM ini juga mirip2 sama karbu PWK punya Keihin, cuma karbu ini mengandalkan seni yaitu seni memainkan nosel yang diubahsuaikan sama kebutuhan mesin dan karbu ini mempunyai skep kotak. Tersedia dengan ukuran 24-39 (TM). Karakteristik karbu Mikuni TM ini mempersembahkan performa yang luar biasa dibandingkan dengan skep yg bulat, ini dikarenakan udara yang masuk lebih lancar dan lebih cepat.
Selain kita melihat jenis karburator yang karakternya bisa kita pilih, hal yang terpenting dalam pemilihan karburator yaitu perhitungan yang memilih ukuran venturi karburator yang kita butuhkan.
Dibawah ini yaitu rumus untuk mengetahui apakah karburator yang kita gunakan sudah sesuai atau tidak dengan mesin yang kita miliki atau bisa juga dijadikan sebagai refensi sebelum kita mengganti karburator.
D= K x √ (CxN)
Penjelasan :
D = Diameter venturi karburator
K = Konstanta (nillainya ada di antara 0.6 - 0.9, untuk motor harian dimasukankan 0.65)
C = CC mesin dalam liter
N = RPM puncak tenaga yang di inginkan
misal ke 1:
Sebuah motor Jupiter MX 135 cc standar, tapi ingin menambah RPM yang lebih panjang jadi 13200 RPM
maka rumusnya:
D = K x √ (CxN)
D = 0.65 x √ (0.135 x 13200
D = 0.65 x √ 1782
D = 0.65 x 42.2137418
D = 27,4389322
Karena tidak ada karburator dengan ukuran 27,44 maka menjadi Venturi 28
Jadi dari beberapa jenis karburator diatas maka kita sanggup mengetahui bahwa meskipun karburator kecil bukanlah sebuah masalah, yang terpenting yaitu seting dan pemilihannya yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin.
semoga bisa bermanfaa dan menambah pengetahuan kalian ...
sumber mapelotomotifsmk.blogspot.com/search?q=macam-macam-tipe-karburator
Tag :
info otomotif
0 Komentar untuk "Macam-Macam Tipe Karburator Motor"